Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Segarang di Chelsea, Costa Tetap Dibela Del Bosque

Kompas.com - 10/10/2014, 11:01 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

ZILINA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, tetap membela striker Diego Costa saat timnya kalah 1-2 dari Slovakia pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup C di Stadion Pod Dubnom, Zilina, Kamis (9/10/2014).

Slovakia unggul lebih dahulu melalui Jurac Kucka pada menit ke-17. Spanyol sempat menyamakan kedudukan lewat gol Paco Alcacer pada menit ke-83. Namun, tiga menit sebelum laga berakhir, Slovakia memastikan kemenangan melalui gol Miroslav Stoch.

Del Bosque kembali memercayai Diego Costa sebagai penyerang tunggal. Namun, striker yang telah mencetak sembilan gol untuk Chelsea pada musim ini, belum bisa menunjukkan ketajaman bersama Spanyol. Costa belum sekalipun mencetak gol dalam enam laga bersama La Furia Roja.

"Diego Costa sebenarnya bermain baik dan sangat antusias. Kami senang dengan penampilannya. Namun, ini masalah yang dialami seluruh pemain di dalam tim. Tidak ada satu pun yang ingin kalah," kata Del Bosque.

Hasil ini membuat Spanyol berada di urutan kedua Grup C dengan tiga poin dari dua pertandingan. Ini merupakan kekalahan pertama Spanyol di ajang Kualifikasi Piala Eropa maupun Piala Dunia dalam enam tahun terakhir. Spanyol terakhir kali kalah di tangan Swedia, 0-2, pada Kualifikasi Piala Eropa 2008, yang berlangsung di Stadion Rasunda, Solna, 7 Oktober 2006.

"Saya tidak mengharapkan kekalahan ini. Ini diluar ekspektasi saya. Kami menekan mereka, namun kami tidak mendapatkan pertandingan yang bagus. Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol. Namun, serangan balik lawan begitu bagus," lanjut Del Bosque.

"Ini adalah sepak bola. Kami tidak bisa komplain melawan para pemain. Kami bersabar dalam bermain, namun tidak sukses. Kiper lawan bermain sangat baik. Saya pikir, kami seharusnya bermain imbang. Saya tidak merasa kami tampil di bawah standar," ujar Del Bosque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com