Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Febly Gushendra, Sudah Menekuni Sepak Bola Sejak Kelas 5 SD

Kompas.com - 09/10/2014, 22:46 WIB
KOMPAS.com - Sejak berusia 11 tahun saat duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, pemain dengan nama lengkap Febly Gushendra sudah menekuni sepak bola. Dia merajut asa menjadi pesepak bola dengan mengikuti Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Harapan yang bermarkas di lapangan hijau Surau Kariang, Lubuk Basung.

Dalam perjalanan untuk mewujudkan impiannya menjadi pesepak bola top, Febly pernah meraih sejumlah kesuksesan. Dia masuk skuad U-13 untuk Piala Yamaha 2008, di mana mereka menjadi juara. Dua tahun berselang, dia pun ikut merasakan menjadi peringkat kedua Piala Nike (MPUC) di Bukittinggi serta juara LPI SMP tingkat Agam tahun.

Pada 2011, Febly tergabung dalam tim U-15 dan merebut peringkat kedua tingkat Pengcab PSSI Padang). Dia juga ikut merasakan gelar juara LPI Sumbar tahun 2011.

Setelah menamatkan pendidikan di SMA Ragunan, karier Febly terus meningkat karena bisa bergabung dengan Tim Nasional Indonesia U-19. Melalui seleksi ketat, Febly pun terpilih memperkuat Garuda Jaya besutan pelatih Indra Sjafri. Mereka berhasil menyabet gelar Piala AFF U-19 tahun 2013, sebelum tampil sebagai juara grup kualifikasi Piala AFC U-19 untuk lolos ke putaran final event tersebut yang mulai bergulir 9 Oktober 2014 di Myanmar.

Selama masa persiapan menuju Myanmar, Febly harus terus bersaing untuk mendapatkan tempat di skuad Timnas U-19. Sempat menjadi kapten ketika uji coba melawan Semen Padang U-21, dan terus memperlihatkan konsistensi, Febly pun masuk 23 pemain yang diboyong ke Myanmar.

Meskipun jarang menjadi pilihan utama pelatih Indra Sjafri untuk mengisi lini belakang, tetapi Febly punya kesempatan untuk unjuk kebolehan. Kapan pun dia harus siap bermain dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia, yang memasang target lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2015 di Selandia Baru.

Untuk mencapai target tersebut, Timnas U-19 harus bisa menembus minimal semifinal Piala Asia U-19. Nah, langkah awalnya, mereka harus mampu mendulang kemenangan ketika bertemu Uzbekistan, Jumat (10/10/2014) ini. Semoga impian itu bisa terwujud.

Profil singkat

Nama: Febly Gushendra
TTL: Pasaman, Sumatera Barat / 24 Februari 1995
Posisi: Bek
Pemain favorit: Gerard Pique

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com