Kompas.com - 08/10/2014, 09:03 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
PARIS, KOMPAS.com - Bek Paris Saint-Germain (PSG), Maxwell, memutuskan pensiun membela tim nasional Brasil. Keputusan itu dibuat pemain berusia 33 tahun tersebut pada Senin (7/10/2014).

Maxwell hanya tampil sebanyak 10 kali bersama timnas Brasil. Namun, ia menjadi pemain penting bagi skuad Selecao di ajang Piala Dunia 2014.

Dalam turnamen tersebut, Brasil tersingkir di semifinal setelah dikalahkan Jerman 1-7. Brasil pun gagal meraih tempat ketiga terbaik setelah dikalahkan Belanda 0-3. 

"Di usia 33 tahun dengan level kompetisi di sini (Ligue 1), Selecao sudah berakhir bagiku. Pengalaman Piala Dunia di Brasil sangat fantastis di awal, tetapi tekanan dan lingkungan ekonomi bermain di sekitar kami," ujar Maxwell.

"Aku tidak tahu apakah aku akan bermain untuk waktu yang lama (bersama PSG), aku belum memutuskannya. Kami akan melihat pada Februari mendatang. Mungkin bisa menjadi akhir, atau aku akan melanjutkannya. Itu tergantung kepada hasrat klub dan tawaran yang aku terima," tambahnya.

"Kekalahan melawan Jerman adalah bencana, karena perbedaan antara kedua tim itu bukanlah skor 1-7. Pekan pertama liburan di Brasil terasa sangat sulit, tetapi kemudian kami membicarakan hal tersebut di ruang ganti PSG. Kami pemain profesional dan harus tetap melangkah ke depan."

"Klub ini (PSG) dibangun untuk memenangi Liga Champions. Itu adalah ambisi kami, tetapi tentu saja sepak bola itu tidak mudah. Pada dua musim terakhir kami hampir mencapai semifinal dan semoga lebih baik lagi pada tahun ini," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.