Kompas.com - 03/10/2014, 20:15 WIB
Pelatihg Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri. Ferril DennysPelatihg Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri.
|
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indra Sjafri mengutak-atik skema permainan pada latihan Jumat (3/10/2014) sore di lapangan sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  Pada latihan kali ini, Indra Sjafri membagi skuad menjadi dua tim. Keduanya bermain satu lapangan penuh.

Dalam permainan itu, asisten pelatih Eko Purjianto ikut ambil bagian, melengkapi jumlah pemain. Pasalnya, penyerang Dinan Javier mengalami cedera ringan.

Pada permainan tersebut, Indra Sjafri, kelahiran 2 Februari 1963 itu menjajal komposisi lini tengah timnas. Indra memainkan komposisi lima gelandang kemudian tiga gelandang.

Pada permainan itu, Evan Dimas dan kawan-kawan juga menerapkan pola transisi bertahan. Ketika bisa merebut bola dari lawan, tim bertahan melakukan serangan balik cepat. "Kami menyiapkan skema-skema alternatif hingga lima skema," kata pelatih yang sempat menukangi timnas U-16 ini.

Sabtu (4/10/2014), timnas U-19 masih akan menggelar satu kali latihan lagi. Sementara, pada Minggu (5/10/2014), tim bertolak dari Yogyakarta menuju Jakarta untuk selanjutnya berangkat ke Myanmar.

Dalam catatan Indra Sjafri, sejatinya, pekerjaan tim pelatih sudah rampung 90 persen. "Sepuluh persen sisanya ada di permainan saat berlaga di Myanmar," ujar pria berkumis ini.

Sementara, ihwal hasil alias kemenangan atau kekalahan, Indra Sjafri punya pertimbangan sendiri,"Hasil kami serahkan kepada Tuhan," pungkasnya.

Di Myanmar, Indonesia masuk di Grup B pada Piala Asia U-19 bersama Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab (UEA). Pertandingan akan dihelat di Stadion Thuwunna, Yangon. Garuda Jaya akan berjumpa dengan Uzbekistan pada Jumat (10/10/2014). Kemudian, timnas bakal berlaga dengan Australia pada Minggu (12/10/2014). Pada fase penyisihan grup ini, Indonesia akan menghadapi UEA pada Selasa (14/10/2014).




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X