Kompas.com - 25/09/2014, 16:34 WIB
Para pemain Timnas U-19 (depan) dan Barcelona B berpose bersama sebelum menggelar laga uji coba di Ciutat Esportivo Joan Gamper, Rabu (24/9/2014). NINE SPORTPara pemain Timnas U-19 (depan) dan Barcelona B berpose bersama sebelum menggelar laga uji coba di Ciutat Esportivo Joan Gamper, Rabu (24/9/2014).
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Kesan optimistis datang dari Senior Brand Manager Clear Johan Lie saat berbincang dengan Kompas.com beberapa waktu silam. Matanya berbinar tatkala mengetahui Tim Nasional Indonesia U-19 menorehkan berbagai prestasi. "Kita bisa berbicara banyak nanti di tingkat internasional ya," tutur pria kelahiran 10 Februari 1982 ini di kantornya, PT Unilever Indonesia Tbk, kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri saat ini tengah berada di Spanyol untuk pertandingan uji coba. Usai kalah 0-6 melawan Barcelona B yang diperkuat striker Luis Suarez, kemarin, tim berjulukan Garuda Muda bakal menjajal kemampuannya melawan Real Madrid C, malam nanti waktu Indonesia.

Uji coba di Negeri Matador itu merupakan persiapan pamungkas bagi Timnas U-19 menunjukkan kebolehannya di ajang putaran final Kejuaraan U-19 AFC 2014 pada 9-23 Oktober mendatang. Myanmar bakal menjadi tuan rumah perhelatan ini.

Kelak, andai skuad Garuda Jaya masuk empat besar pada putaran ini, tantangan terbaru bakal menghadang. Ya, Evan Dimas dan kawan-kawan bakal berlaga pada Piala Dunia U-20 tahun depan. Negeri Kiwi, Selandia Baru menjadi tuan rumah pada 19 Juni 2015 hingga 11 Juli 2015 ini.

Catatan terkini menunjukkan, Piala Dunia U-20 tahun depan adalah penyelenggaraan kali ke-20 sejak pertama kali diadakan pada 1977. Awalnya, Piala Dunia U-20 bernama Kejuaraan Remaja Dunia FIFA.

Muda

Ferril Dennys Senior Brand Manager Clear, Johan Lie.

Berkaca pada usia belia para pemain Timnas U-19, Johan Lie mengaku paham bahwa dukungan pihaknya untuk timnas ini juga menyasar kalangan muda. Hal itu terlihat dari laman ayoindonesiabisa.com, laman resmi yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk mendukung Timnas U-19. "Mari mendukung Timnas U-19 dengan cara menyenangkan," katanya.

Pada laman tersebut, terang Johan, tersedia kesempatan berinteraksi antarsesama pengguna. Pada laman itu pula, Clear mengajak para penggawa Timnas U-19 ikut bertegur sapa dengan para pendukung. "Kami yang menjembatani," tutur mantan Brand Manager Citra dan Dove, produk Unilever pula.

Hal lain yang bisa pula dijumpai pada laman tersebut adalah kesempatan mengunggah foto bagi para pendukung. Ringkasnya, Clear akan mengambil foto para pendukung sebagai bahan pembuatan banner raksasa.

Kelak, menjelang Hari H, banner raksasa berisi foto-foto wajah para pendukung akan dipasang di Jakarta dan di Myanmar. "Banner itu terpasang dalam perjalanan menuju stadion pertandingan. Jadi, para pemain Timnas U-19 akan merasa tak bermain sendirian," ujar alumnus Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta ini.

Tak berhenti sampai di situ, pada laman tersebut akan ada kompetisi unik khusus bagi para pendukung. Kelak, ada sepuluh peserta terpilih yang akan diterbangkan Clear ke Myanmar. "Mereka akan menonton satu partai pertandingan di Myanmar," lanjut Johan Lie.

Kendati demikian, Johan Lie mengaku masih begitu panjang kesempatan bagi Timnas U-19 menapaki jalan prestasi. Pasalnya, usia belia para penggawa timnas.

Maka dari itulah, paling penting, seturut hemat Johan Lie, adalah dukungan terus-menerus bagi Timnas U-19. Sembari menyadari begitu banyak harapan berada di pundak Timnas U-19 mendulang prestasi terbaik, Johan Lie yakin mengatakan,"Menang atau kalah, kita tetap dukung Timnas U-19."




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X