Kompas.com - 18/09/2014, 16:07 WIB
Paulo Sitanggang (2 dari kiri) mendapat sambutan dari rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Laos pada kualifikasi Grup G Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (8/10/2013). Indonesia unggul 4-0. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Paulo Sitanggang (2 dari kiri) mendapat sambutan dari rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Laos pada kualifikasi Grup G Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (8/10/2013). Indonesia unggul 4-0.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Paulo Sitanggang mulai latihan sepak bola sejak umur 10 tahun, tepatnya ketika masih duduk di bangku kelas IV SD. Agar bakatnya kian terasah, Paulo dimasukkan ke SSB Kurnia Medan, sebelum dia memutuskan untuk berlatih di SSB pimpinan ayahnya, Maringan Sitanggang, di SSB Surya Putra Marindal Medan.

Pada 2011, anak kedua dari empat bersaudara ini mendapat kesempatan yang sangat bagus untuk menimba ilmu di Italia, tepatnya di Milan Junior Camp, setelah lolos seleksi All Star Team Challenge. Paulo termasuk 18 pemain muda yang akan dibawa ke San Siro.

Sayang, dia harus mengubur impiannya untuk pergi ke Italia lantaran mengalami cedera. Meski demikian, pemain yang selalu tampil nyentrik dengan potongan rambut mirip samurai Jepang ini tak putus asa.

Seperti yang diungkapkannya dalam wawancara dengan tabloidnova.com setelah dinyatakan lolos seleksi ke Milan, Paulo tetap giat berlatih demi cita-citanya menjadi pesepak bola profesional. Dia terus mengingat kerja keras orangtua dalam mendidik dan mendukungnya, meski mereka hidup pas-pasan.

"Sering sekali sepatu bola saya rusak dan tak bisa cepat diganti karena tak cukup uang untuk beli sepatu bola yang baru. Karena saya harus terus latihan, sepatunya harus ditambal dan dijahit. Niat saya saat itu ingin jadi pemain bola profesional. Jadi, apapun rintangan harus dihadapi walau saya tahu dan memaklumi kondisi orangtua," ujarnya.

Ketika kelas 2 SMA, Paulo memilih merantau ke Jember, Jawa Timur, untuk menjadi pemain profesional. Di sana dia bergabung dengan Jember United, sebelum ikut seleksi Tim Nasional U-19.

Performanya menarik perhatian pelatih Indra Sjafri. Alhasil, pemain berbakat ini terpilih masuk skuad Garuda Jaya yang berhasil menjuarai Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo. Setelah lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan, Paulo kemudian diberi kesempatan unjuk kebolehan saat kualifikasi Piala AFC U-19 melawan Laos dan Filipina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seiring perjalanan waktu dan kian meningkat penampilannya, Paulo pun mulai menjadi pilihan utama. Dalam tur ke Timur Tengah, Paulo tampil sangat impresif menjadi pengatur serangan, yang membuat Timnas U-19 menang atas Uni Emirat Arab. Sejak itu, Paulo diplot menjadi pendamping Evan Dimas dan Muhammad Hargianto di sektor gelandang.

Kini, harapan kembali dibebankan kepada Paulo dkk ketika membawa Indonesia berkiprah di Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang di Myanmar. Target minimal lolos ke semifinal sudah dicanangkan, sebagai syarat mendapatkan tiket menuju Piala Dunia U-20 pada 2015 di Selandia Baru. Mampukah diwujudkan? Semoga.

- Profil singkat

Nama Lengkap : Paulo Oktavianus Sitanggang
TTL: Sumatera Utara/7 Oktober 1995
Posisi: GelandangDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.