Libas Mitra, Persebaya Juara Wilayah Timur

Kompas.com - 03/09/2014, 00:03 WIB
Ferril Dennys Emmanuel Kenmogne ketika masih bersama Persija Jakarta. Dia kini menjadi striker andalan Persebaya Surabaya dan untuk sementara menjadi top scorer ISL.
SURABAYA, Kompas.com - Persebaya Surabaya memastikan diri menjadi juara Wilayah Timur kompetisi Indonesia Super League (ISL), menyusul kemenangan 4-2 atas tuan rumah Mitra Kukar pada pertandingan lanjutan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur, Selasa (2/9/2014). Tambahan tiga angka memantapkan posisi Bajul Ijo di puncak klasemen sementara wilayah timur dengan nilai 42 dan tidak akan tergusur pesaing terdekatnya Persipura Jayapura, yang tertinggal enam angka.

Dari 19 laga yang telah dimainkan, Greg Nwokolo dan kawan-kawan meraih 14 kemenangan, tiga kali seri dan dua kali kalah. Persebaya seharusnya mengumpulkan nilai 45, tetapi mereka terkena sanksi pemotongan tiga poin akibat sanksi dari FIFA yang dieksekusi Komdis PSSI.

"Kami tidak menyangka bisa finis di posisi puncak, mengingat start kami di awal musim yang kurang bagus dan kondisi tim jarang komplit karena cedera sejumlah pemain, ditambah sanksi pengurangan poin," kata pelatih Persebaya Rahmad Darmawan yang dihubungi wartawan dari Surabaya usai laga timnya melawan Mitra.

Pada laga menghadapi tuan rumah, gelandang asal Liberia Issac Pupo menyumbang dua gol, sementara Greg dan Emmanuel "Pacho" Kenmogne masing-masing mencetak satu gol. Sedangkan dua gol balasan tuan rumah diborong Herman Dzumafo.

Melalui tambahan gol tersebut, Pacho, yang merupakan mantan penyerang Persija Jakarta, semakin memantapkan dirinya sebagai pemain tersubur dalam urusan mencetak gol pada kompetisi ISL musim ini dengan koleksi 22 gol, disusul Greg dengan 14 gol.

Secara keseluruhan, sekitar 80 persen dari total 47 gol yang sudah dicetak Persebaya hingga saat ini merupakan kontribusi dari duet penyerang Pacho dan Greg.

Sementara itu, kendati kalah, posisi Mitra di peringkat ketiga klasemen Wilayah Timur tidak berubah dengan nilai 34, dan bersama Persebaya serta Persipura sudah memastikan lolos babak delapan besar.

Rahmad Darmawan mengatakan timnya tetap fokus mengejar kemenangan pada laga terakhir melawan Putra Samarinda, Jumat (5/9), meskipun sudah memastikan memuncaki klasemen.

"Yang jelas, kami selalu menargetkan kemenangan di setiap pertandingan. Mudah-mudahan penampilan anak-anak pada babak delapan besar bisa semakin solid, karena tim yang lolos semuanya bagus-bagus," tambahnya.


EditorAloysius Gonsaga AE
SumberAntara

Close Ads X