Kompas.com - 26/08/2014, 14:19 WIB
Pemain asal Kamerun, Bio Paolin (kiri/berdiri), termasuk palang pintu andalan Persipura Jayapura. Bio Paolin masih aman bermain di Indonesia meskipun federasi sepak bola Kamerun, yang menjadi asal negaranya, dibekukan FIFA. Dok. Liga IndonesiaPemain asal Kamerun, Bio Paolin (kiri/berdiri), termasuk palang pintu andalan Persipura Jayapura. Bio Paolin masih aman bermain di Indonesia meskipun federasi sepak bola Kamerun, yang menjadi asal negaranya, dibekukan FIFA.
|
EditorTjatur Wiharyo

JAYAPURA, KOMPAS.com - Persipura untuk sementara unggul 3-0 atas Kuwait SC pada babak pertama pertandingan leg kedua perempat final Piala AFC 2014 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/8/2014).  

Persipura mampu unggul berkat dol Robertino Pugliara pada menit kedua. Gol bermula dari sepak pojok Boaz Solossa yang berhasil dimanfaatkan Bio Paulin. Bio kemudian mengirimkan bola kepada Robertino yang disambut pemain asal Argentina tersebut dengan tendangan salto

Setelah itu, Persipura mendapatkan tekanan dari kubu lawan. Beruntung, kiper Yoo Jae-Hoo tampil cemerlang dengan menepis sejumlah tembakan Kuwait SC.

Sayang, Mutiara Hitam harus kehilangan bek terbaiknya, Bio Paulin, pada menit ke-17. Ia harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Sebagai gantinya Bio, pelatih Persipura Jayapura, memasukkan Dominggus Fakdawer.

Di balik tekanan lawan, Persipura menyelipkan sejumlah ancaman. Pada menit ke-25, Gerald Pangkali berhasil melepaskan tembakan dari umpan yang dikirimkan Ruben Sanadi. Apes, tembakan Gerald masih melambung.

Persipura coba berusaha mengendalikan permainan jelang turun minum. Boaz yang berdiri di dalam kotak penalti sempat memberikan umpan matang kepada Titus Bonai pada menit ke-35. Sayang, peluang tersebut gagal dimanfaatkan Tibo karena bola berhasil dibuang pemain lawan.

Namun, Boaz tak membuang peluang pada menit ke-42. Ia berhasil menciptakan gol indah dengan  melepaskan tembakan dari jarak jauh saat melihat kiper lawan maju meninggalkan sarangnya.

Robertino kembali mencatatkan namanya melalui gol pada masa injury time. Gol berawal dari kejelian Tibo mengirimkan umpan matang kepada Robertino di dalam kotak penalti lawan. Robertino kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dibendung kiper Kuwait SC. Gol ini sekaligus memateraikan keunggulan Persipura dengan skor 3-0 pada babak pertama.

Jika Boaz Solossa dan kawan-kawan mampu mempertahankan keunggulannya hingga laga usai, Persipura otomatis lolos ke babak semifinal dengan agregat 5-3. Persipura hanya takluk 2-3 dari Kuwait SC pada leg pertama.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.