Kompas.com - 18/08/2014, 18:28 WIB
Skuad tim nasional Indonesia U-19. Dok. PT Liga IndonesiaSkuad tim nasional Indonesia U-19.
Penulis Akhmad Dani
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Indonesia U-19 berhasil bangkit usai menang  telak 6-0 atas Singapura U-21 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B turnamen Hassanal Bolkiah 2014, Senin (18/8/2014). Kedua tim yang sudah tak memiliki peluang untuk lolos dari Grup B nampak bermain tanpa beban. Indonesia pun berhasil mendominasi pertandingan ini dan menutup pertandingan dengan skor telak 6-0.

Timnas U-19 mengawali pertandingan dengan agresif. Melawan Singapura yang merupakan tim juru kunci Grup B, Indonesia tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Timnas Garuda Jaya hampir mencetak gol di menit kedua. Namun, tendangan kaki kiri Septian David berhasil diblok oleh kiper Singapura, Zhafran Rohaizad.

Dimas Drajad membuka keran gol indonesia usai mencetak gol pada menit ke-6. Mendapat umpan tarik dari Ilham Udin Armayn, Dimas berhasil membuka keunggulan Indonesia U-19 dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Sementara gol kedua  dicetak Ilham Udin Armayn pada menit ke 9.  Bola sepakan kaki kiri Ilham Udin memaksimalkan umpan terobosan Ricky Fajrin. Dimas Drajad kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 usai memanfaatkan bola muntah dari Septian David Maulana pada menit ke-12. Indonesia berhasil menutup babak pertama dengan skor 3-0.

Memasuki babak kedua Singapura yang tak pernah meraih kemenangan pada turnamen ini terus digempur oleh timnas Garuda Jaya.

Anak asuh Indra Sjafri berhasil mencetak gol keempat melalui Dimas Drajad usai merebut bola dari pemain Singapura, Ong Yu Min Emmeric. Dimas kemudian melepas sepakan keras yang tak mampu dihadang kiper Zhafran Rohaizad. .

Dimas Drajad betul-betul menjadi bintang dan momok lawan di pertandingan ini. Memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Evan Dimas yang berhasil diblok kiper, dengan santai ia menendang bola sehingga mencatatkan namanya di menit ke-69 sebagai pencetak gol kelima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendominasi pertandingan dengan ancaman yang silih bergantian Indonesia nampak menikmati pertandingan dengan merubah pola permainan. Indonesia berulang kali melakukan tendangan dari jarak jauh berbeda dengan laga sebelumnya.

Pada menit ke-80, bola sepakan dari luar kotak penalti Paulo Sitanggang nyaris menambah keunggulan andai saja tidak berhasil ditepis oleh kiper lawan. Begitu pula sepakan Septian David Maulana hanya membentur tiang.

Gol keenam Indonesia tercipta pada menit ke-85 melalui kaki Paulo Sitanggang. Paulo mencetak gol cantik usai membawa bola dengan aksi memikat, tendangannya yang deras mengarah ke pojok atas gawang Singapura. 6-0 untuk Indonesia.  Skor pun bertahan hingga peluit berbunyi.

Kemenangan telak menjadi penghibur bagi Indonesia U-19 usai setelah menelan tiga kekalahan dan sekali hasil imbang di turnamen ini. Indonesia saat ini tengah melakukan persiapan untuk menjalani pertandingan Piala Asia U-19 di Myanmar 10 hingga 23 Oktober 2014 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.