Kompas.com - 17/08/2014, 07:04 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MANCHESTER, KOMPAS.com — Mantan Manajer Manchester United (MU), David Moyes, menilai pelatih asal Belanda Louis van Gaal butuh waktu untuk beradaptasi bersama skuad Setan Merah di Premier League.

Pernyataan itu diungkapkan Moyes menanggapi kekalahan 1-2 MU dari Swansea City pada laga perdana Premier League di Old Trafford, Sabtu (16/8/2014). Dua gol Swansea dicetak oleh Ki Sung-Yueng pada menit ke-28 dan Gylfi Sigurdsson (72), sementara torehan MU dikreasi Wayne Rooney (53).

"Semua orang tahu bahwa itu (melatih MU) membutuhkan waktu. Mengambil alih dari Sir Alex Ferguson akan membutuhkan waktu," ujar Moyes.

"Louis van Gaal juga membutuhkan waktu untuk melakukan tugasnya dengan baik. Dia butuh kesempatan untuk mengubah beberapa hal dan memperoleh tim yang dia inginkan," tambahnya.

Moyes sempat diangkat menjadi Manajer MU menggantikan Ferguson pada Juli 2013. MU merekrut Moyes karena rekomendasi Ferguson.

Namun, karier Moyes tidak bertahan lama dan pelatih asal Skotlandia itu pun dipecat pada 22 Maret 2014 karena gagal memberikan trofi, bahkan gagal membawa MU finis di zona Liga Champions.

Moyes pun menilai apa yang terjadi pada Louis van Gaal di laga perdana Premier League musim ini juga sempat dialaminya saat melatih MU. Namun, ia menilai Van Gaal memiliki kemampuan untuk membawa MU kembali ke jalur juara.

"Apa yang terjadi hari ini terjadi juga dengan saya ketika melawan West Brom, Newcastle, dan Everton pada musim lalu," kata Moyes.

"Setiap tim di Premier League sekarang sangat terorganisasi dan cukup sering mempunyai pemain-pemain spesial yang bisa membuat Anda memenangi pertandingan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.