Kompas.com - 16/08/2014, 17:05 WIB
Pemain Indonesia sebelum pertandingan melawan Laos pada kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (8/10/2013). Tampak di belakang penonton terbilang sepi. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOPemain Indonesia sebelum pertandingan melawan Laos pada kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (8/10/2013). Tampak di belakang penonton terbilang sepi.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia U-19 kembali menelan kekalahan dalam turnamen Hassanal Bolkiah Trophy. Melawan Kamboja U-21 di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, Sabtu (16/8/2014), pasukan Garuda Jaya menyerah 1-2.

Ini adalah kekalahan ketiga Evan Dimas dkk dalam event tersebut dari empat pertandingan yang sudah dilakoni. Sebelumnya, pasukan besutan Indra Sjafri ini bermain imbang 0-0 melawan Malaysia U-21 di laga pembuka, kemudian kalah 1-3 dari Brunei U-21 di pertandingan kedua, dan menyerah dengan skor serupa dari Vietnam U-19.

Dengan demikian, timnas U-19 baru mengumpulkan satu poin dan terpaku di peringkat kelima klasemen sementara Grup B. Mereka berada di atas Singapura U-21 yang belum meraih poin.

Sementara itu, bagi Kamboja, raihan tiga poin ini membuat mereka memelihara peluang melaju ke semifinal karena berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan sembilan poin. Mereka terpaut satu angka dari Malaysia, yang pada laga lain menang 3-0 atas Singapura U-21.

Kamboja, yang sebelum laga ini menyerah 0-1 dari Malaysia, bermain sangat efektif. Tim yang pada dua laga perdana menang 1-0 atas Brunei dan 3-1 atas Singapura ini membuka keunggulan pada menit ke-22 lewat Sok Sovan.

Dimas Drajad sempat menguak harapan timnas U-19 untuk meraih kemenangan pertamanya setelah mencetak gol balasan pada menit ke-42. Namun, Kamboja dengan cepat meresponsnya. Pada masa injury time sebelum turun minum, mereka kembali unggul lewat gol Kouch Sokumpheak.

Pada babak kedua, timnas U-19 berusaha mengendalikan jalannya permainan untuk mencetak gol penyeimbang. Sayang, sejumlah peluang yang dihasilkan tak bisa dikonversi menjadi gol sehingga gol tak kunjung tercipta. Hingga laga usai, skor 2-1 untuk Kamboja tak berubah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Timnas U-19 akan menghadapi Singapura pada laga terakhir turnamen ini pada 18 Agustus mendatang. Meski sudah pasti gagal lolos ke semifinal, Evan Dimas dkk harus bisa meraih poin penuh atas Singapura yang selalu kalah di empat pertandingan yang sudah dilalui demi meningkatkan moral jelang tampil di Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.