CARDIFF, Kompas.com Real Madrid akan melepaskan teror baru di Stadion Cardiff City, Wales, saat melawan Sevilla di Piala Super Eropa, Rabu (13/8/2014) pukul 02.45 WIB. Manajer Carlo Ancelotti kini bisa menurunkan skuad lengkap ”Los Galacticos”, termasuk dua bintang baru, Toni Kroos dan James Rodriguez.

Dua pemain baru yang dibeli dengan nilai total Rp 1,7 triliun itu akan menyuntikkan kekuatan Madrid dalam penguasaan bola. Kombinasi yang mematikan jika mereka mampu menjalin harmoni dengan dua penyerang sayap supercepat, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo, serta ujung tombak Karim Benzema.

Pemain legendaris Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, menilai, Madrid mengambil arah baru dengan merekrut pemain-pemain yang mampu menguasai bola. Mereka akan mengubah gaya Madrid musim ini.

”Kroos salah satu pemain terbaik di Bayern (Muenchen) dan di Piala Dunia. Dia menyemprotkan bola ke segala arah dengan baik. James adalah pemain hebat dalam menguasai bola,” ujar Cruyyf kepada Marca.

Pola permainan baru Madrid belum terlihat saat laga pramusim di Amerika Serikat. Ancelotti belum bisa menurunkan Kroos, Rodriguez, dan Benzema yang masih libur setelah Piala Dunia. Ronaldo juga belum pulih 100 persen dari cedera lutut.

Kini, para pemain Los Galacticos telah bergabung di pusat latihan Valdebebas. James telah berlatih selama 10 hari dan Kroos enam hari. Ronaldo juga telah meningkatkan latihan pekan ini.

Bale, yang akan pulang ke kota kelahirannya, Cardiff, dalam kondisi sangat bugar. Ia tidak ikut tampil di Piala Dunia dan tampil meyakinkan selama pramusim di AS.

Sebagian besar pemain Madrid belum akan mencapai kondisi fisik terbaik saat melawan Sevilla. Namun, skuad elite bernilai triliunan rupiah itu tetap akan menjadi teror bagi Sevilla yang lebih siap secara fisik. Sevilla juga menjalani pramusim yang meyakinkan, menang 2-0 atas Fenerbahce dan Cordoba selama Agustus.

”Kami tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan menghadapi pertandingan. Kami perlu berusaha sekuat mungkin pada bulan Agustus untuk mempersiapkan para pemain sebaik mungkin untuk menghadapi musim baru,” ujar Ancelotti.

Bek kanan Alvaro Arbeloa yang musim lalu posisinya diambil Dani Carvajal menilai, laga Piala Super Eropa ini tetap penting karena Madrid selalu lapar gelar juara. ”Kami lapar meraih banyak gelar juara dan sekarang kami memiliki kesempatan lain. Kami berharap melakukan yang terbaik untuk meraihnya,” tegas Arbeloa.

Pelatih Sevilla Unai Emery juga mengakui Real Madrid tidak kehilangan kemampuan menjadi juara hanya karena persiapan minim. Madrid memiliki pemain-pemain kelas dunia yang nilainya jauh di atas operasional Sevilla. Sebagai pembanding, nilai Ronaldo, Bale, dan James yang mencapai 239 juta pounds (Rp 4,7 triliun) jauh di atas nilai skuad Sevilla yang sekitar 86 juta pounds (Rp 1,6 triliun).