Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klose Pensiun dari Timnas Jerman

Kompas.com - 11/08/2014, 19:10 WIB
Ferril Dennys

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Bomber Miroslav Klose (36) memutuskan pensiun dari tim nasional Jerman.

"Dengan gelar juara di Brasil (Piala Dunia 2014), sebuah impian masa kecil yang terwujud. Aku merasakan momen unik, luar biasa, dan banyak kenangan di tim nasional. Beberapa pekan terakhir, aku menikmati kembali momen-momen tersebut," kata Klose.

"Keberhasilan tim bagiku adalah prioritas utama. Bersama tim nasional, aku meraih tujuanku dan sebuah tujuan yang telah dicanangkan tim. Namun, aku telah meraih tujuan yang aku tetapkan sendiri secara pribadi. Siapa pun yang mengenalku bahwa aku sangat ambisius. Aku adalah penyerang dan tugasku mencetak gol, itu sebabnya aku tidak pernah berpikir soal rekor pribadi. Aku selalu memberikan yang terbaik untuk tim. Seorang penyerang selalu tergantung dengan tim. Terima kasih kepada rekan-rekan di tim nasional yang tanpa Zuspiele, aku merasa tidak sukses,"

"Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kepada DFB (Federasi Sepak Bola Jerman), presiden, semua anggota di belakang tim, dan kepada semua suporter, serta tentu tiga pelatih tim nasional yang bekerja sama denganku selama 13 tahun. Khususnya untuk Joachim Loew yang selalu memberikanku rasa percaya diri. Rasa hormat dan apresiasi tinggi aku rasakan dalam pembicaraan kami beberapa hari terakhir. Saat ini kerja sama kami berakhir dan memenangkan gelar adalah hal yang luar biasa," bebernya.

Klose telah membela Der Panzer selama 13 tahun. Puncak kariernya bersama tim nasional Jerman adalah saat membawa Jerman meraih gelar juara pada Piala Dunia 2014.

Di turnamen tersebut, Klose mencetak dua gol yang menambah pundi-pundi golnya menjadi 16 gol. Dengan torehan gol tersebut, Klose menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia, mengalahkan Ronaldo (15 gol).

Klose pun menjadi pencetak gol terbanyak di tim nasional Jerman dengan torehan 71 gol, melampui Gerd Mueller (68 gol).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com