Kompas.com - 09/08/2014, 18:48 WIB
Emilio Audero Mulyadi, kiper Juventus asal Indonesia. Foto diambil dari Twitter EmilAudero saat Juventus melawan Galatasaray pada UEFA Youth League, oktober 2013. TWITTEREmilio Audero Mulyadi, kiper Juventus asal Indonesia. Foto diambil dari Twitter EmilAudero saat Juventus melawan Galatasaray pada UEFA Youth League, oktober 2013.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com
- Euforia kedatangan Juventus ke Indonesia telah mencapai puncaknya Rabu malam (6/8/2014) lalu. Skill para pemain Juventus jelas terlihat jauh berada di atas para pemain yang tergabung di dalam ISL All Star. Predikat mereka sebagai pesepakbola profesional enggak perlu diragukan lagi. ISL All Star dibantai Juventus dengan skor mencolok, 1 - 8.

Nah, kalau bicara soal pemain Juventus, ada satu fakta menarik tentang salah satu sosok pemain klub berlambang zebra itu. Sudah ada yang pernah mendengar pemain Juventus bernama Emilio?

Kalau belum, Emilio adalah kiper cadangan Juventus yang turut dibawa dalam Tur Asia Pasifik 2014, termasuk ke Jakarta.

Lantas, apa spesialnya kiper cadangan Juventus itu? Selain usianya yang masih sangat muda, 17 tahun, kiper Juventus Primavera itu ternyata memiliki setengah darah Indonesia. Tidak hanya itu aja, dia juga lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Indonesia.

Pria bernama lengkap Emilio Audero Mulyadi itu lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 18 Januari 1997. Orangtua Emil adalah Oom Edy Mulyadi, orang Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Barat, sedangkan ibunya berasal dari Italia.

Perjalanan karir sang kiper yang akrab disapa Emil itu bermula ketika keluarganya pindah ke kampung halaman sang Ibu, di Italia, pada tahun 2007 lalu. Saat itu, Emil yang masih berusia 10 tahun telah menunjukkan bakat besarnya sebagai calon pemain sepak bola.

Setelah melanglang buana ke beberapa klub dan akademi sepakbola di Italia, akhirnya Emil mendapat kesempatan untuk ikut seleksi pemain Juventus Allievi (Sejenis U-17 Juventus). Singkat cerita, Emil terpilih, dan bakatnya sukses menarik perhatian para staf pelatih Juventus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecemerlangan Emil bermain di tim muda Juventus akhirnya sampai juga di telinga Pelatih Kepala Juventus saat itu, Antonio Conte. Keputusan Conte bukan tanpa alasan kuat, Emil tercatat pernah mendapatkan penghargaan sebagai The Young Italy Talents of The Future 2012.

Nah, kejelian Conte sebagai pelatihlah yang akhirnya membuat Emil sempat merasakan berlatih bersama tim utama Juventus di tahun 2013 lalu, ketika itu Juventus akan menghadapi Sampdoria dalam lanjutan Serie-A.

Walaupun belum pernah diturunkan di tim inti Juventus, tapi banyak staf pelatih Juventus yang yakin karir Emil di Juventus masih cukup panjang, dan bukan nggak mungkin nantinya karirnya di Timnas Italia juga turut berkembang.

Soalnya, saat ini Emil sudah tercatat pernah tergabung dalam Timnas Italia U-15, U-16, U-17, dan kini di U-18. Hmm..., mungkin enggak ya Emil nantinya bisa membela Timnas Indonesia?

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.