Kompas.com - 08/08/2014, 17:22 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto KOMPAS.com/DIAN FATHKepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya akhirnya mengizinkan pertandingan antara Persija dan Persib pada Minggu (10/8/2014) di Stadion Gelora Bung Karno, mulai pukul 15.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, izin saat ini sedang dibuat untuk segera dikeluarkan.

"Izinnya sedang dibuat, dari Polda sudah mengizinkan Persija vs Persib di GBK," kata Rikwanto, Jumat (8/8/2014).

Lantaran izin sudah dipastikan keluar, Polda Metro Jaya tetap meminta komitmen dari ketua dan pengurus untuk menjamin bisa kendalikan suporter agar tidak melakukan gangguan keamanan dan ketertiban.

Pihak Polda Metro Jaya akan menyiapkan sekitar 1.250 personel polisi untuk mengamankan laga tersebut.

Sebelumnya, pengurus klub sepak bola Persija akan mengundang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat pertandingan antara Persija dan Persib, termasuk Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Kelompok suporter Persija, Jakmania, telah menyepakati perjanjian dengan Polda Metro Jaya bahwa mereka akan menyaksikan pertandingan dengan tertib.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketua Jakmania, Larico Ranggamone, memprediksi bahwa pertandingan nanti akan disaksikan oleh sekitar 60.000 suporter. Mereka akan datang dari berbagai daerah. Selain Jakarta, akan hadir juga suporter dari Karawang, Bogor, dan Sukabumi.

Meski demikian, pertandingan ini tidak dapat disaksikan suporter Persib. Ini karena Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan larangan selama satu tahun bagi penonton Persib untuk menyaksikan secara langsung pertandingan tandang klub asal Bandung itu. Hukuman ini sesuai dengan kode disiplin pasal 75 ayat 7. Hukuman tercantum dalam Surat Keputusan (SK) tertanggal 11 September 2013. (Theresia Felisiani/Glery Lazuardi)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.