Kompas.com - 31/07/2014, 11:03 WIB
Penyerang Belgia, Romelu Lukaku, dalam sesi latihan tim di Mogi das Cruzes, 3 Juli 2014. MARTIN BUREAU / AFPPenyerang Belgia, Romelu Lukaku, dalam sesi latihan tim di Mogi das Cruzes, 3 Juli 2014.
EditorTjatur Wiharyo
LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Chelsea Jose Mourinho mengaku memutuskan menjual penyerang Romelu Lukaku ke Everton, karena penyerang asal Belgia itu memintanya memberi jaminan bermain reguler. Faktor finansial juga disebut Mourinho sebagai salah satu pertimbangan Chelsea menjual Lukaku.

"Pertimbangan di balik transfer (Lukaku) adalah fakta bahwa Romelu selalu sangat jelas terhadap kami, dalam mentalitasnya dan pendekatannya. Ia tak sangat termotivasi untuk masuk dalam kompetisi (merebut jatah bermain) di Chelsea," ujar Mourinho.

"Ia ingin bermain untuk Chelsea, tetapi ia ingin mendapat kepastian bahwa ia adalah stiker pilihan pertama, yang dalam klub pada dimensi kami, sangat sulit dijanjikan kepada seorang pemain."

"Hal itu langsung mengurangi semangatnya bergabung dengan kami. Everton datang dengan penawaran penting. Ini adalah realitas klub kami, yaitu bahwa kami ingin bekerja dengan baik dan selalu menghormati peraturan (Financial Fair Play)."

"Financial Fair Play selalu menjadi pertimbangan direksi Chelsea dan ketika Anda berpeluang menciptakan dampak positif berkaitan dengan Financial Fair Play, Chelsea selalu menganalisis situasi-situasi ini (proposal transfer dari klub lain)," tuturnya.

Meski begitu, Mourinho mengaku tak punya masalah apa pun dengan keputusan Lukaku pindah ke Everton. Ia pun mengucapkan semoga sukses kepada pemain asal Belgia itu.

"Yang penting ia gembira dan segalanya berjalan dengan baik untuknya. Ia anak yang baik. Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah mengucapkan semoga sukses kepadanya," ujar Mourinho.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lukaku didatangkan Chelsea dari Anderlecht pada 2011, tetapi menghabiskan dua musim terakhir sebagai pemain pinjaman di West Bromwich Albion dan Everton. Bersama Everton, ia mencetak 15 gol dan enam assist dalam 31 penampilan pada Premier League 2013-2014.

Lukaku dilepas ke Everton pada Rabu (30/7/2014). Everton membeli Lukaku dengan harga harga 28 juta poundsterling atau sekitar Rp 548 miliar dan mengontraknya selama lima musim. Menurut Daily Mail, Lukaku akan menerima gaji 75.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,5 miliar per pekan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Chelsea
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.