Kompas.com - 19/07/2014, 19:41 WIB
Dunga theepochtimesDunga
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Mantan kapten tim nasional Brasil, Dunga, menjadi favorit untuk kembali menjadi pelatih Selecao, setelah Luiz Felipe Scolari mundur dari jabatannya. Ini akan menjadi kesempatan kedua bagi Dunga mengarsiteki timnas negaranya, setelah dia juga pernah menjadi bos tim Samba dari 2006 hingga 2010.

Federasi Sepak Bola Brasil, CBF, diperkirakan akan mengumumkan penunjukkan Dunga menjadi pelatih baru pada Selasa (22/7/2014). Pasalnya, dia menjadi kandidat terkuat untuk mengembalikan kejayaan Selecao yang baru saja terpuruk.

Dunga, yang memiliki nama asli Carlos Bledorn Verri, pernah membawa Brasil meraih gelar. Dalam kurun waktu lima tahun menangani Selecao, dia mempersembahkan gelar Copa America dan Piala Konfederasi.

Ketika masih menjadi pemain, Dunga pun meraih kejayaan dengan menjuarai Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Waktu itu, pria berusia 50 tahun tersebut menjadi kapten.

Menurut sejumlah laporan di Brasil yang mengutip sebuah sumber mengatakan: "Dia (Dunga) berada di posisi terdepan dalam daftar pelatih dan semuanya mengalami kemajuan yang memuaskan."

"Ada pertemuan yang penting di Sao Paulo, dan detail untuk Gilmar pun sudah bagus," tambah sumber itu, mengenai penunjukkan Gilmar Rinaldi sebagai manajer umum timnas Brasil.

Scolari memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih setelah mereka gagal mewujudkan impian menjadi juara di rumah sendiri. Tak cuma itu, Brasil mengalami kekalahan terburuk dalam sejarah sepak bola mereka setelah dilumat Jerman 7-1 di semifinal, sebelum menelan kekalahan 0-3 dari Belanda di laga perebutan tempat ketiga. Dengan demikian, total 10 gol bersarang ke gawang Brasil dalam dua laga terakhir di Piala Dunia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan ketika ditangani Dunga, Brasil meraih total 42 kemenangan, 12 kali imbang dan enam kali kalah.



Sumber Sky Sports
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X