Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunga Kandidat Terkuat Suksesor Scolari di Timnas Brasil

Kompas.com - 19/07/2014, 19:41 WIB
KOMPAS.com - Mantan kapten tim nasional Brasil, Dunga, menjadi favorit untuk kembali menjadi pelatih Selecao, setelah Luiz Felipe Scolari mundur dari jabatannya. Ini akan menjadi kesempatan kedua bagi Dunga mengarsiteki timnas negaranya, setelah dia juga pernah menjadi bos tim Samba dari 2006 hingga 2010.

Federasi Sepak Bola Brasil, CBF, diperkirakan akan mengumumkan penunjukkan Dunga menjadi pelatih baru pada Selasa (22/7/2014). Pasalnya, dia menjadi kandidat terkuat untuk mengembalikan kejayaan Selecao yang baru saja terpuruk.

Dunga, yang memiliki nama asli Carlos Bledorn Verri, pernah membawa Brasil meraih gelar. Dalam kurun waktu lima tahun menangani Selecao, dia mempersembahkan gelar Copa America dan Piala Konfederasi.

Ketika masih menjadi pemain, Dunga pun meraih kejayaan dengan menjuarai Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Waktu itu, pria berusia 50 tahun tersebut menjadi kapten.

Menurut sejumlah laporan di Brasil yang mengutip sebuah sumber mengatakan: "Dia (Dunga) berada di posisi terdepan dalam daftar pelatih dan semuanya mengalami kemajuan yang memuaskan."

"Ada pertemuan yang penting di Sao Paulo, dan detail untuk Gilmar pun sudah bagus," tambah sumber itu, mengenai penunjukkan Gilmar Rinaldi sebagai manajer umum timnas Brasil.

Scolari memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih setelah mereka gagal mewujudkan impian menjadi juara di rumah sendiri. Tak cuma itu, Brasil mengalami kekalahan terburuk dalam sejarah sepak bola mereka setelah dilumat Jerman 7-1 di semifinal, sebelum menelan kekalahan 0-3 dari Belanda di laga perebutan tempat ketiga. Dengan demikian, total 10 gol bersarang ke gawang Brasil dalam dua laga terakhir di Piala Dunia.

Sedangkan ketika ditangani Dunga, Brasil meraih total 42 kemenangan, 12 kali imbang dan enam kali kalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky Sports
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com