Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Suporter Brasil Pakai Kostum Belanda

Kompas.com - 13/07/2014, 11:42 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber AFP
BRASILIA, KOMPAS.com - Suporter Brasil kecewa tim kesayangannya kalah 0-3 dari Belanda, pada laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia, di Estadio Nacional, Sabtu (12/7/2014). Bahkan, kekecewaan itu mereka tunjukkan sebelum laga dimulai.

Hal itu terlihat di arena nonton bareng (fan fest) di Pantai Copacabana, Rio De Janeiro. Sejumlah suporter Brasil, menurut AFP, menyaksikan laga dengan mengenakan kostum tim nasional Belanda.

Menurut suporter-suporter itu, mereka sudah kecewa sejak timnas Brasil dibungkam Jerman 1-7, pada laga semifinal, di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, 8 Juli 2014.

"Saya menyaksikan pertandingan di Belo Horizonte. Itu kenapa saya mengenakan kostum Belanda. Saya menyaksikan pertandingan melawan Jerman itu sampai selesai. Saya akan mengingat pertandingan bersejarah itu selama bertahun-tahun," ujar seorang suporter, Lucas Carvalho.

"Saya mendukung Belanda. Tim kami tak berguna," ujar suporter lain, Diogo Chaer, yang juga mengenakan kostum Belanda, tetapi dilengkapi syal Brasil.

Dengan selesainya laga perebutan tempat ketiga, Piala Dunia tinggal menyisakan satu laga, yaitu final antara Jerman dan Argentina, yang akan berlangsung di Estadio do Maracana, Rio De Janeiro, 13 Juli 2014.

Meski Jerman adalah tim yang membuat Brasil menderita kekalahan terbesar dalam sejarah, suporter Brasil menyatakan akan mendukung Der Panzer. Mereka mendukung Jerman karena tidak ingin Argentina menang di negeri mereka.

"Saya tak akan pernah mendukung Argentina. Argentina tak akan pernah bisa menang di Brasil," ujar Leonel Freitas.

"Argentina bisa pulang," ujar Eduarda Alves.

Selain mempermalukan Brasil 7-1, Jerman juga mencetak sejarah lain pada Piala Dunia kali ini. Penyerang Der Panzer, Miroslav Klose, mencetak dua gol sejauh Piala Dunia telah berjalan. Dengan dua gol itu, Klose menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, dengan 16 gol. Rekor sebelumnya adalah 14 gol milik legenda Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

Rekor gol Klose itu juga dijadikan bahan oleh suporter Brasil untuk mengolok-olok kiper mereka, Julio Cesar, karena rekor kebobolan Cesar lebih banyak dari jumlah gol yang dicetak Klose. Cesar kemasukan 18 gol dalam dua Piala Dunia, dengan 14 di antaranya terjadi pada Piala Dunia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com