Kompas.com - 13/07/2014, 11:42 WIB
Ekspresi sejumlah suporter Brasil ketika menyaksikan siaran langsung pertandingan perebutan tempat ketiga antara tim nasionalnya dan Belanda melalui layar besar, di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Sabtu (12/7/2014). Laga antara Brasil dan Belanda itu berakhir 3-0 untuk Belanda. TASSO MARCELO / AFPEkspresi sejumlah suporter Brasil ketika menyaksikan siaran langsung pertandingan perebutan tempat ketiga antara tim nasionalnya dan Belanda melalui layar besar, di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Sabtu (12/7/2014). Laga antara Brasil dan Belanda itu berakhir 3-0 untuk Belanda.
|
EditorTjatur Wiharyo
BRASILIA, KOMPAS.com - Suporter Brasil kecewa tim kesayangannya kalah 0-3 dari Belanda, pada laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia, di Estadio Nacional, Sabtu (12/7/2014). Bahkan, kekecewaan itu mereka tunjukkan sebelum laga dimulai.

Hal itu terlihat di arena nonton bareng (fan fest) di Pantai Copacabana, Rio De Janeiro. Sejumlah suporter Brasil, menurut AFP, menyaksikan laga dengan mengenakan kostum tim nasional Belanda.

Menurut suporter-suporter itu, mereka sudah kecewa sejak timnas Brasil dibungkam Jerman 1-7, pada laga semifinal, di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, 8 Juli 2014.

"Saya menyaksikan pertandingan di Belo Horizonte. Itu kenapa saya mengenakan kostum Belanda. Saya menyaksikan pertandingan melawan Jerman itu sampai selesai. Saya akan mengingat pertandingan bersejarah itu selama bertahun-tahun," ujar seorang suporter, Lucas Carvalho.

"Saya mendukung Belanda. Tim kami tak berguna," ujar suporter lain, Diogo Chaer, yang juga mengenakan kostum Belanda, tetapi dilengkapi syal Brasil.

Dengan selesainya laga perebutan tempat ketiga, Piala Dunia tinggal menyisakan satu laga, yaitu final antara Jerman dan Argentina, yang akan berlangsung di Estadio do Maracana, Rio De Janeiro, 13 Juli 2014.

Meski Jerman adalah tim yang membuat Brasil menderita kekalahan terbesar dalam sejarah, suporter Brasil menyatakan akan mendukung Der Panzer. Mereka mendukung Jerman karena tidak ingin Argentina menang di negeri mereka.

"Saya tak akan pernah mendukung Argentina. Argentina tak akan pernah bisa menang di Brasil," ujar Leonel Freitas.

"Argentina bisa pulang," ujar Eduarda Alves.

Selain mempermalukan Brasil 7-1, Jerman juga mencetak sejarah lain pada Piala Dunia kali ini. Penyerang Der Panzer, Miroslav Klose, mencetak dua gol sejauh Piala Dunia telah berjalan. Dengan dua gol itu, Klose menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, dengan 16 gol. Rekor sebelumnya adalah 14 gol milik legenda Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

Rekor gol Klose itu juga dijadikan bahan oleh suporter Brasil untuk mengolok-olok kiper mereka, Julio Cesar, karena rekor kebobolan Cesar lebih banyak dari jumlah gol yang dicetak Klose. Cesar kemasukan 18 gol dalam dua Piala Dunia, dengan 14 di antaranya terjadi pada Piala Dunia ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.