Kompas.com - 10/07/2014, 16:49 WIB
Legenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaus. Dok. TelegraphLegenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaus.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MUENCHEN, KOMPAS.com — Jerman bermain sempurna hingga melangkah ke final Piala Dunia 2014. Kemenangan yang paling sensasional tentu saja terjadi saat mereka bermain dalam semifinal, menggulung tuan rumah, Brasil, dengan skor 7-1. Sebelumnya, Jerman juga menggulung Portugal 4-0 dalam laga perdana babak penyisihan grup.

Legenda Jerman, Lothar Matthaus, punya pendapat mengenai permainan atraktif tim Panser selama gelaran Piala Dunia 2014. Menurut Matthaus, ada sentuhan Josep Guardiola (pelatih Bayern Muenchen) pada skuad Jerman. Menurut dia, banyak pemain Muenchen yang mengisi posisi penting di skuad utama.

"Sangat benar bahwa gaya bermain Jerman terpengaruh oleh Guardiola. Skuad utama banyak diisi pemain Muenchen, dan mereka membawa gaya bermain sendiri. Guardiola memenangi banyak trofi bersama Barcelona, dan ini juga memberikan dampak bagus. Filosofi bermain Barcelona dianut oleh Bayern dan sekarang oleh Jerman. Itulah sentuhan Guardiola buat tim ini," beber Lothar Matthaus seperti dilansir Marca, Kamis (10/7/2014).

Mantan kapten Jerman yang turut serta dalam laga memenangi Piala Dunia 1990 ini melanjutkan, pelatih Joachim Loew datang ke Brasil dengan cara pragmatis, dan itu terlihat dari hasil yang sudah diperoleh, yakni melangkah ke final.

"Menang adalah hal terpenting jika kita berlaga dalam Piala Dunia. Dalam delapan tahun terakhir, Jerman sudah bermain atraktif, punya teknik yang tinggi dan cara main yang berbeda dengan Jerman sebelumnya. Saat ini, bermain cantik sudah tidak lagi penting. Yang penting adalah fokus pada kemenangan," lanjut pria 53 tahun ini.

Lima pemain Muenchen yang masuk dalam skuad utama Jerman adalah kiper Manuel Neuer, bek sekaligus kapten Phillip Lahm, palang pintu Jerome Boateng, Bastian Schweinsteiger, Thomas Mueller, Toni Kroos, dan Mario Gotze.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Marca
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.