Kompas.com - 08/07/2014, 10:05 WIB
Sepak bola ini sangat kompetitif, kata Neymar. BBCSepak bola ini sangat kompetitif, kata Neymar.
EditorTjahjo Sasongko

SAO PAULO, Kompas.com - Meski harus beristirahat karena cedera, striker utama Brasil, Neymar diharap mau tetap bersama skuad Selecao menghadapi pertandingan sisa Piala Dunia.

Hal ini diungkap bintang Brasil pada Piala Dunia 1962, Amarildo. Pada Piala Dunia 1962, Amarildo pernah menjadi penyelamat Brasil ketika bintang utama mereka, Pele mengalami cedera.

Amarildo yang saat itu berusa 22 tahun diturunkan menggantikan Pele setelah pemain berjulukan si mutiara hitam tersebut mengalami cedera di pertandingan  penyisihan grup menghadapi Cekoslowakia.

Amarildo diturunkan pelatih saat pertandingan menghadapi Spanyol. Ia mencetak dua gol kemenangan Brasil dalam pertandingan yang berakhir 2-1. Ia juga mencetak satu gol saat Brasil keluar sebagai juara dunia dengan mengalahkan Cekoslowakia 3-1 di pertandingan final.

"Saya samasekali tidak gugup. Mereka hanya meminta saya bermain apa adanya," kata Amaridlo yang kini telah berusia 74 tahun. "Tetapi saat itu saya bersama para pemain hebat seperti Didi, Zagallo, Garrincha dan Nilton Santos."

"Saat Pele bermain, Garrincha menempati posisi sayap kanan. Tetapi saat Pele absen, Garrincha menjadi pemain yang bebas beroperasi di mana pun. Ia punya kemampuan untuk membuka peluang buat saya dan Vava,"lanjut AMarildo.

Kondisi tim Brasil saat ini jauh lebih sulit dengan hilangnya Neymar. Para pemain yang ada tidak memiliki kualitas yang seimbang dengan pemian seperti pada masa lalu. "Perbedaan dengan tim 1962 adalah saat itu kami memiliki 22 pemain yang berimbang. Tidak peduli saiapa pun yang diturunkan, kami dapat memainkan sepakbola yang luar biasa."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun Amarildo berharap Neymar mau meniru sikap Pele seperti saat Piala Dunia 1962. "Pele tetap bersama kami dan memberi semangat. Ia meminta saya memainkan gaya bermain saya sendiri. Ia tidak bermain, namun kehadirannya membuat kami merasa sebagai satu tim yang utuh."



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X