Kompas.com - 07/07/2014, 12:58 WIB
Fabio Cannavaro ketika menjadi kapten timnas Italia dan mengangkat trofi Piala Dunia 2006. FOOTIEFabio Cannavaro ketika menjadi kapten timnas Italia dan mengangkat trofi Piala Dunia 2006.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
ROMA, KOMPAS.com - Mantan bek tim nasional Italia, Fabio Cannavaro, mengkritik keputusan pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, yang mengganti kiper Jasper Cillessen dengan Tim Krul saat menghadapi Kosta Rika pada perempat final Piala Dunia 2014, Sabtu (5/7/2014).

Krul menjadi pahlawan kemenangan Belanda saat mengalahkan Kosta Rika 4-3 lewat babak adu penalti. Krul berhasil menepis dua tendangan eksekutor Kosta Rika, Bryan Ruiz dan Michael Umana.

Van Gaal pun menuai pujian atas keputusannya memasukkan Krul sebelum babak adu penalti. Namun, menurut Cannavaro keputusan Van Gaal itu biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa.

"Saya tahu semua orang sekarang menganggap Van Gaal seperti legenda atau penyulap atas pergantina itu. Tetapi, sejujurnya, itu bukan sesuatu yang saya suka," ungkap Cannavaro.

"Itu adalah hal yang tidak sopan untuk seorang kiper. Siapa yang akan menjadi kiper pada laga berikutnya? Bayangkan menjadi kiper pada pertandingan berikutnya dan Anda harus sadar tidak mendapat kepercayaan penuh dari pelatih," tambahnya.

Van Gaal sendiri sebelumnya mengungkapkan kiper Tim Krul memang khusus disiapkan tim pelatih jika skuad De Oranje menjalani babak adu penalti. Menurutnya, selain memiliki jangkauan lebih baik, Krul mempunyai catatan lebih bagus dalam hal adu penalti ketimbang Cillessen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.