Kompas.com - 02/07/2014, 07:00 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Para pendukung Barcelona menginginkan kiper Cile, Claudio Bravo, menjadi penjaga gawang nomor satu The Catalans pada musim 2014/15. Mereka berharap Bravo menjadi pilihan utama dibandingkan Marc-Andre ter Stegen.

Demikian hasil survei salah satu situs terkemuka di Spanyol, Sport.es. Dikatakan bahwa 60 persen partisipan merasa yakin Bravo lebih siap dibandingkan Ter Stegen untuk melakoni debut di Camp Nou.

Barcelona kehilangan penjaga gawang yang selama ini menjadi andalan, Victor Valdes, yang memutuskan meninggalkan klub Catalan ini pada akhir musim lalu. Valdes tak memperpanjang kontrak karena dia ingin mencari tantangan di luar Spanyol.

Karena itu, Barcelona bergerak cepat mencari penjaga gawang yang kualitasnya sepadan dengan kiper nomor dua timnas Spanyol itu. Mereka menggaet Ter Stegen dari Borussia Monchengladbach pada bulan Mei lalu, kemudian mendapatkan Bravo dari Real Sociedad pada awal minggu ini.

Bravo, yang kini berusia 31 tahun, menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dengan Barca yang dilaporkan menggelontorkan dana 9 juta euro (sekitar Rp 146,561 miliar) untuk mendapatkan tanda tangannya. Dia dinilai lebih berpengalaman, apalagi tampil sangat impresif di putaran final Piala Dunia 2014, dan membantu Cile menembus babak perdelapan final sebelum kalah adu penalti dari Brasil.

Kapten timnas Cile ini, yang sudah mencatat 80 laga internasional, juga sudah bermain selama beberapa musim di level tertinggi Liga Spanyol sejak pindah ke Real Sociedad dari klub Cile, Colo-Colo, pada tahun 2006. Selama delapan tahun bersama Txuriurdin, Brava tampil sebanyak 229 kali dan membantu klub itu promosi setelah mereka memuncaki Segunda Division pada musim 2009/10.

Sementara itu, Ter Stegen yang kini berusia 22 tahun mulai terkenal setelah menjadi pilihan utama di Monchengladbach pada tahun 2011. Selama tiga musim bersama klub Bundesliga itu, Ter Stegen tampil sebanyak 100 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Goal


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.