Kompas.com - 29/06/2014, 19:00 WIB
Penyerang Kosta Rika, Bryan Ruiz. JAVIER SORIANO / AFPPenyerang Kosta Rika, Bryan Ruiz.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Kosta Rika dan Yunani akan bertarung di babak perdelapan final Piala Dunia 2014 di Itaipava Arena Pernambuco, Recife, Minggu (29/6/2014) atau Senin (30/6) dini hari WIB. Mereka akan memperebutkan tiket menuju babak perempat final.

Sebelum mengikuti dan mengetahui hasil pertandingan yang akan dimainkan pada pukul 03.00 WIB, ada baiknya kita melihat beberapa fakta mengenai kedua tim:

- Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Kosta Rika dan Yunani.

- Dalam sejarahnya di pentas Piala Dunia, Kosta Rika sudah dua kali menembus fase knockout. Pertama kali terjadi pada tahun 1990, tetapi langkah mereka terhenti karena kalah 1-4 dari Cekoslovakia untuk memperebutkan tiket menuju perempat final.

- Tim terakhir dari zona CONCACAF yang bisa melewati hadangan di babak 16 besar Piala Dunia adalah Amerika Serikat, pada tahun 2002.

- Ini untuk pertama kalinya Yunani lolos ke fase knockout Piala Dunia.

- Selisih gol dalam tujuh kemenangan Yunani di turnamen major tidak pernah lebih dari satu. Empat kali berakhir dengan 1-0 dan tiga kali dengan 2-1.

- Yunani hanya dua kali meraih kemenangan dari sembilan pertandingan di Piala Dunia. Dua kemenangan itu terjadi dalam pertandingan melawan tim dari Afrika, yakni atas Nigeria pada 2010 dan Pantai Gading pada 2014.

- Yunani hanya mencetak gol dalam dua dari sembilan pertandingannya di Piala Dunia. Gol itu terjadi saat menang 2-1 atas Nigeria dan Pantai Gading.  

- Yunani tidak kebobolan hanya dalam satu pertandingan dari sembilan laga di Piala Dunia, ketika bermain imbang 0-0 melawan Jepang pada Piala Dunia 2014 ini.

- Kosta Rika belum kebobolan dalam "open play" di Piala Dunia 2014. Satu-satunya gol tercipta lewat titik penalti oleh Edinson Cavani saat Kosta Rika menang 3-1.

- Empat gol Kosta Rika di Piala Dunia 2014 ini selalu dicetak setelah menit ke-44.

- Sebaliknya, empat gol Yunani dalam sejarahnya di Piala Dunia selalu terjadi setelah menit ke-42.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.