Liverpool Patok Harga Rp 1,6 Triliun untuk Luis Suarez

Kompas.com - 28/06/2014, 14:13 WIB
DANIEL GARCIA / AFP Penyerang tim nasional Uruguay, Luis Suarez, sebelum melakoni pertandingan Grup D Piala Dunia melawan Italia, di Estadio Das Dunas, Natal, Selasa (24/6/2014).
LIVERPOOL, KOMPAS.com - Liverpool dikabarkan Daily Mail mempertimbangkan melepas penyerang Luis Suarez, setelah pemain asal Uruguay itu dihukum berat oleh FIFA karena menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada laga Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas, Natal, 24 Juni 2014.

Hukuman itu berupa skors sembilan pertandingan internasional, larangan terlibat dalam kegiatan sepak bola selama empat bulan, larangan masuk stadion selama empat bulan, dan denda sebesar 100.000 franc Swiss (sekitar Rp 1,4 miliar).

FIFA belum memutuskan apakah sanksi administratif itu termasuk larangan transfer. Namun, menurut juru bicara FIFA, Delia Fischer, FIFA mempertimbangkan untuk tidak memberlakukan larangan transfer terhadap Suarez.

Menurut Daily Mirror, Liverpool akan melepas Suarez jika ada yang mengajukan penawaran senilai 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,6 triliun. Barcelona dan Real Madrid disebut sebagai klub yang siap bersaing mendapatkan Suarez.

Menurut pakar sepak bola Spanyol, Guillem Balague, Madrid siap membayar penuh harga yang diminta Liverpool untuk Suarez, sementara Barcelona mengajukan penawaran berupa uang tunai dan pemain. Alexis Sanchez disebut sebagai pemain yang akan dimasukkan dalam paket penawaran Barcelona untuk Suarez.

Liverpool disebut menilai paket penawaran dari Barcelona lebih menarik ketimbang Madrid. Suarez sendiri disebut akan memilih pindah ke Barcelona.

"Saya berasumsi, akan sulit bagi Luis kembali ke Liverpool, tetapi Barcelona masih menginginkannya. Jika mereka menawarkan 70-80 juta euro, saya yakin Liverpool setidaknya akan mendengarkan penawaran mereka. Jelas, pada titik tertentu dalam kariernya, ia ingin bermain di Spanyol dan ini mungkin adalah waktu yang tepat. Jika Liverpool menerima tawaran transfer, itu adalah tawaran dari Barcelona," ujar Balague.

"Menurut saya, Liverpool mungkin menerima Alexis dan Pedro, jika itu adalah kemungkinannya. Cukup jelas bahwa Barcelona akan menerima Alexis dan Pedro pindah ke Liverpool. Pedro mengatakan setelah Spanyol tersingkir dari Piala Dunia, ia akan bicara dengan Barcelona soal masa depannya. Terserah apakah ia ingin bertahan. Ia masih terikat kontrak, tetapi jika ia terdesak, ia harus memutuskan ke mana ia akan pergi."

"Sama dengan Alexis. Ia mendapatkan tawaran dari Juventus dan Liverpool, tetapi ia akan memutuskan klub mana yang ia pilih," tutur Balague.

Sementara itu, menurut pemberitaan di Inggris, Liverpool akan menyelesaikan transfer gelandang Adam Lallana dari Southampton dalam waktu dekat ini dan tengah mendekati pemain sayap Benfica, Lazar Markovic. Pendekatan terhadap Markovic disebut merupakan langkah antisipasi Liverpool terhadap kemungkinan Suarez hengkang.

Untuk soal Alexis Sanchez, legenda Liverpool Phil Thompson bahkan mengatakan bahwa Liverpool telah mencapai kesepakatan dengan Alexis, yang diperkirakan bernilai potensial 27 juta poundsterling.

"Baru kemarin saya mendengar orang-orang, orang media, yang sangat dekat dengan Liverpool, mengatakan bahwa kesepakatan dengan Sanchez sudah tercapai," ujar Thompson.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorTjatur Wiharyo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X