Berbagai Reaksi terhadap Hukuman Luis Suarez

Kompas.com - 27/06/2014, 19:46 WIB
Dok. Canada.com Seorang suporter Spanyol berpose di depan papan reklame bergambar Luis Suarez di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil.
MANAUS, Kompas.com - Luis Suarez harus menerima konsekuensi dari kelakuannya yang tidak terpuji karena menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada laga terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2014, Selasa (24/6/2014). FIFA menghukum striker Uruguay tersebut tak boleh bermain di sembilan pertandingan internasional plus empat bulan tak boleh bergelut dengan aktivitas sepak bola.

Berbagai reaksi pun muncul atas hukuman yang dinilai sangat berat itu. Berikut sejumlah reaksi terhadap apa yang diterima Suarez.

- Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay, Wilmar Valdez:

"Kami akan melakukan banding hari ini... tak ada bukti definitif, yang memungkinkan kami mengatakan bahwa sanksi seperti ini bisa dikenakan. Kita membicarakan sembilan pertandingan, empat bulan dan hukuman finansial, sehingga bagiku sanksi ini tampaknya sangat kejam."

- Wakil Presiden FIFA, Jim Boyce:

"Saya pikir hukuman yang diberikan FIFA untuk Luis Suarez sepenuhnya adil. Mudah-mudahan dia akan menyadarinya sekarang bahwa perilakunya seperti ini tidak akan ditolerir dalam keadaan apapun."

- Kapten Uruguay, Diego Lugano:

"Marah, tak berdaya, saya pikir itulah yang kami semua rasakan. Kami semua menginginkan dunia yang lebih adil, tetapi dunia itu tidak ada. Mereka yang memerintah, aturan, dan orang-orang yang kuat tetaplah orang yang kuat... Tetap bangga kepadanya, dia layak untuk mendapatkan itu. Tak ada yang akan menghentikan kami. Kami akan terus melangkah dengan kerendahan hati, persatuan, tekad, pengakuan atas kesalahan, dan dengan kepala kami selalu tegak."

- Psikolog di Nottingham Trent University, Dr Andrew Evans:

"Hukuman ini tidak akan banyak membantu mencegah Suarez di masa mendatang karena terlalu mirip dengan sanksi sebelumnya. Apa yang benar-benar dibutuhkan sekarang adalah program psikologis yang bisa mendorong perubahan perilaku jangka panjang."

- Striker Brasil, Fred:

"Ini tidak adil karena akan mengakhiri kehidupan pemain. Empat bulan, sembilan pertandingan, semua orang di atas kamu, mengkritik kesalahannya. Dia harus dihukum, iya, tetapi saya ingin melihat Suarez masih bermain di Piala Dunia ini."

- Perusahaan alat olahraga, Adidas:

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAloysius Gonsaga AE
SumberReuters
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X