Gyan Jadi "Top Scorer" Afrika dalam Sejarah Piala Dunia

Kompas.com - 27/06/2014, 07:31 WIB
Penyerang sekaligus kapten timnas Ghana, Asamoah Gyan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Portugal pada laga penyisihan Grup G Piala Dunia 2014, Kamis (26/6/2014). AFP/GABRIEL BOUYSPenyerang sekaligus kapten timnas Ghana, Asamoah Gyan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Portugal pada laga penyisihan Grup G Piala Dunia 2014, Kamis (26/6/2014).
|
EditorTjatur Wiharyo
KOMPAS.com - Striker tim nasional Ghana, Asamoah Gyan, mencatat rekor sebagai pencetak gol terbanyak dari benua Afrika dalam sejarah Piala Dunia. Dia membukukan rekor itu setelah membobol gawang Portugal pada laga terakhir penyisihan Grup G Piala Dunia 2014 di Estadio Nacional, Brasilia, Kamis (26/6/2014).

Dalam laga tersebut, Ghana menyerah 1-2. Gyan mencetak gol balasan pada menit ke-57 lewat sundulan, yang membuatnya mengoleksi total enam gol di turnamen empat tahunan ini. Pemain berusia 28 tahun tersebut mengalahkan rekor jumlah gol dari benua Afrika yang sebelumnya dipegang penyerang Kamerun, Roger Milla, dengan koleksi lima gol.

Gyan pun menjadi orang Afrika pertama yang mencetak gol dalam tiga putaran final Piala Dunia. Di Piala Dunia 2006, Gyan mencetak satu gol, kemudian di Piala Dunia 2010 dia mengemas dua gol dan di Brasil tahun ini, pemain Al Ain tersebut mencetak tiga gol (gol pertama dicetak ke gawang Jerman saat mereka bermain imbang 2-2 dan gol kedua ketika Ghana menaklukkan Korea Selatan 4-0).

Sayang, rekor gol Gyan ini tak berbanding lurus dengan perjalanan Ghana. The Black Stars harus pulang lebih awal karena mereka tak meraih tiket menuju babak 16 besar lantaran hanya mengemas satu poin dari tiga pertandingan yang dilakoni, hasil dari bermain 2-2 lawan Jerman. Ghana menempati posisi juru kunci Grup G.

Ghana, yang sebelum laga ini telah lebih dulu memulangkan gelandang Sulley Muntari dan Kevin-Prince Boateng karena alasan indisipliner, wajib mengalahkan Portugal untuk menguak asa lolos ke babak perdelapan final. Sayang, target itu tak tercapai setelah Cristiano Ronaldo membobol gawang Fatawu Dauda pada menit ke-80.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Goal
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X