Kompas.com - 27/06/2014, 01:01 WIB
Proses gol yang diciptakan penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, ke gawang Ghana. AFP PHOTO / CARL DE SOUZAProses gol yang diciptakan penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, ke gawang Ghana.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BRASILIA, KOMPAS.com — Penyerang tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, mencetak satu gol yang menentukan kemenangan timnya dengan skor 2-1 atas Ghana pada pertandingan terakhir penyisihan Grup G Piala Dunia di Estadio Nacional, Brasilia, Kamis (26/6/2014). Namun, Portugal tersingkir bersama Ghana.

Saat ini, Portugal dan Amerika Serikat sama-sama mengoleksi empat poin. Namun, AS berada di peringkat kedua karena unggul produktivitas gol dari Portugal. AS melaju ke babak 16 besar bersama Jerman yang berstatus sebagai juara grup.   

Portugal tampil sangat agresif sejak menit awal. Cristiano Ronaldo nyaris mencetak gol melalui kepalanya andai saja kiper Fatawu Dauda tak sigap menepis bola pada menit ke-20.

Akhirnya, Portugal mampu unggul terlebih dulu berkat gol bunuh diri John Boye pada menit ke-31. Pemain belakang Ghana tersebut membobol gawang timnya sendiri setelah salah mengantisipasi umpan mendatar Miguel Veloso.

Semenit kemudian, giliran Ronaldo yang melepaskan ancaman melalui tendangan bebas yang dilepaskannya dari luar kotak penalti. Namun, Dauda dengan cepat menepis bola.

Ghana bukan tanpa ancaman. Gawang Portugal nyaris bobol melalui tandukan Gyan. Beruntung bola masih melenceng.

Meski begitu, Portugal tidak membiarkan lawan mengembangkan permainannya. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berusaha menjaga konsistensi permainan. Sayang, usaha Portugal untuk mencetak gol tambahan tak membuahkan hasil hingga jeda.  

Pada babak kedua, Portugal terlihat lemah mengantisipasi serangan balik. Hal itu terlihat dari gol balasan yang diciptakan Gyan pada menit ke-57.

Asomah saat itu melakukan penterasi di sisi kanan pertahanan Portugal. Dia kemudian melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti, yang langsung disambut Gyan dengan tandukan keras.  

Gol balasan tersebut membuat laga semakin sengit. Portugal meningkatkan intensitas serangannya. Keinginan Ronaldo mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-80. Gol berawal dari umpan silang yang berhasil ditepis Dauda. Namun, bola hasil tepisan Dauda malah jatuh ke kaki Ronaldo.

Pemain Real Madrid tersebut langsung melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke tengah gawang. Itu menjadi gol pertama Ronaldo pada Piala Dunia 2014. Hal ini bagai kutukan bagi Ronaldo. Dia hanya mampu mencetak satu gol setiap tampil pada Piala Dunia sejak 2006. Gol itu memeteraikan kemenangan Portugal dengan skor 2-1.
 
Susunan pemain
Portugal: 22-Beto; 2-Bruno Alves, 3-Pepe, 4-Miguel Veloso, 21-Joao Pereira (Varela 61); 6-William, 8-Joao Moutinho, 20-Ruben Amorim; 7-Cristiano Ronaldo, 11-Eder (Vieirinha 69), 17-Nani
Pelatih: Paulo Bento

Ghana: 16-Fatawu Dauda; 19-Jonathan Mensah, 20-Kwadwo Asamoah, 21-John Boye, 23-Harrison Afful; 7-Christian Atsu, 8-Emmanuel Agyemang Badu, 10-Andre Ayew, 17-Mohammed Rabiu, 18-Majeed Waris (Jordan Ayew 71); 3-Asamoah Gyan
Pelatih: Kwasi Appiah

Wasit: Nawaf Shukralla



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X