Inilah Detail Hukuman Berat terhadap Suarez

Kompas.com - 26/06/2014, 21:44 WIB
Penyerang Uruguay Luis Suarez (kiri) bereaksi setelah menggigit bek Italia Giorgio Chiellini dalam laga Grup D Piala Dunia di Dunas Arena di Natal, Rabu (25/6/2014). Uruguay menang 1-0. AFP PHOTO / JAVIER SORIANOPenyerang Uruguay Luis Suarez (kiri) bereaksi setelah menggigit bek Italia Giorgio Chiellini dalam laga Grup D Piala Dunia di Dunas Arena di Natal, Rabu (25/6/2014). Uruguay menang 1-0.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Komite Disiplin FIFA menjatuhkan sanksi larangan bermain kepada penyerang Uruguay, Luis Suarez, atas tindakannya menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada menit ke-79, laga Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas, Natal, Selasa (24/6/2014).

Sanksi itu berupa larangan tampil di ajang internasional selama sembilan pertandingan, larangan terlibat dalam semua kegiatan sepak bola selama empat bulan, dan denda 66.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Berikut ini adalah pernyataan Komite Disiplin FIFA mengenai sanksi terhadap Suarez itu, seperti dilansir situs resmi FIFA, Kamis (26/6/2014):
Komite Disiplin FIFA mencapai keputusan dalam kasus yang melibatkan Luis Suarez, berkaitan dengan insiden yang terjadi pada pertandingan Piala Dunia antara Italia dan Uruguay, yang digelar pada 24 Juni 2014.

Komite Disiplin FIFA memutuskan bahwa:
1. Luis Suarez dinilai melanggar Peraturan Disiplin FIFA (FIFA Disciplinary Code atau FDC) pasal 48 ayat 1 huruf d (melakukan penyerangan) dan pasal 57 (perilaku tidak sportif terhadap pemain lain).

2. Luis Suarez dilarang bermain dalam sembilan pertandingan resmi. Larangan bermain pertama berlaku pada pertandingan terdekat Piala Dunia antara Kolombia dan Uruguay pada 28 Juni 2014. Larangan bermain lainnya akan diberlakukan pada pertandingan Uruguay berikutnya di Piala Dunia, sejauh tim itu lolos, dan atau pada pertandingan resmi tim nasional (Uruguay) sesuai dengan FDC pasal 38 ayat 2a.

3. Luis Suarez dilarang ambil bagian dalam kegiatan apa pun yang berkaitan dengan sepak bola (administratif, olahraga, atau lainnya) selama empat bulan sesuai dengan FDC pasal 22.

4. Larangan melewati batas-batas stadion dijatuhkan kepada Luis Suarez sesuai FDC pasal 21, dengan rincian sebagai berikut: Luis Suarez dilarang melewati batas-batas stadion mana pun selama masa larangan bermain (poin 3). Luis Suarez dilarang masuk stadion mana pun yang menjadi tempat bermain tim yang mewakili Uruguay karena ia harus menjalani larangan bermain selama sembilan pertandingan (poin2).

5. Luis Suarez wajib membayar denda sebesar 100.000 franc Swiss (sekitar Rp 1,4 miliar).

6. Keputusan itu disampaikan kepada pemain dan Federasi Sepak Bola Uruguay pada hari ini (Kamis, 26 Juni 2014).

"Perilaku seperti (menggigit lawan) itu tak bisa ditoleransi di stadion mana pun dan secara khusus  tidak ditoleransi pada Piala Dunia FIFA, ketika jutaan orang menyaksikan para bintang di lapangan. Komite Disiplin mempertimbangkan semua faktor dalam kasus ini dan tingkat kesalahan Suarez sesuai dengan ketentuan FDC yang relevan. Keputusan ini berlaku segera setelah diumumkan," ujar Ketua Komite Disiplin FIFA, Claudio Sulser.



Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X