Kompas.com - 25/06/2014, 02:47 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
NATAL, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli, dan Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Giancarlo Abete mundur dari jabatannya setelah skuad Gli Azzurri dipastikan gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 setelah dikalahkan Uruguay 0-1 pada laga terakhir Grup D, Selasa (24/6/2014).

Italia takluk 0-1 dari Uruguay berkat torehan Diego Godin pada menit ke-81. Padahal, pada pertandingan tersebut, Andrea Pirlo dan kawan-kawan hanya butuh hasil imbang untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Italia menempati posisi ketiga klasemen akhir Grup D dengan poin tiga, kalah tiga angka dari Uruguay yang menempati posisi kedua. Uruguay akan menemani Kosta Rika yang lebih dulu sudah memastikan lolos ke 16 besar.

"Saya sudah berbicara dengan Presiden Federasi dan Demetrio Albertini. Saya juga telah memberikan surat pengunduran diri. Usaha kami terkait hal-hal teknis rupanya tidak berjalan dengan baik, dan saya akan bertanggung jawab atas hal tersebut," ungkap Prandelli seusai pertandingan.

"Sesuatu telah berubah semenjak kontrak saya diperpanjang. Saya tidak tahu kenapa. Saya memilih untuk merencanakan hal-hal teknis tertentu dan itulah mengapa saya mengundurkan diri, yakni karena hal itu tidak berjalan dengan baik. Saya tidak akan menarik kembali pengunduran diri ini," tambahnya.

Sementara itu, selain Prandelli, Presiden FIGC Abete juga mengaku telah membicarakan masa depannya sebelum laga Uruguay dan Italia dimulai. Ia mengaku siap untuk melepaskan jabatannya jika Italia gagal melangkah ke babak selanjutnya.

"Saya ingin mengumumkan pengunduran diri saya. Ketika kami kembali ke Italia, saya akan melakukan pertemuan dengan federasi dan berharap (Prandelli) bisa menarik kembali pengunduran dirinya. Saya sudah membuat keputusan ini sebelum Piala Dunia," ungkap Abete.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.