Kompas.com - 25/06/2014, 00:59 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
NATAL, KOMPAS.com — Uruguay mengubur impian Italia untuk melaju ke 16 besar Piala Dunia 2014 setelah berhasil menang 1-0 pada pertandingan terakhir Grup D Piala Dunia 2014 di Estadio Das Dunas, Selasa (24/6/2014). Padahal Italia hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Poin penuh itu membuat Uruguay naik ke posisi kedua klasemen akhir dengan poin enam, kalah satu angka dari Kosta Rika di puncak. Sementara itu, Italia dan Inggris berada di peringkat ketiga dan keempat dengan poin 3 dan 1.

Uruguay dan Italia sebenarnya sudah langsung menyerang sejak menit-menit awal. Namun, rapatnya barisan pertahanan kedua tim membuat beberapa serangan mereka kerap mentok jika sudah memasuki kotak penalti.

Italia mendapatkan kesempatan pertama melalui aksi Andrea Pirlo pada menit ke-11. Sayang, bola tendangan gelandang Juventus itu masih dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Uruguay juga bukan tanpa ancaman berbahaya. Bahkan, pada menit ke-33, mereka hampir saja unggul lebih dulu jika kiper Italia, Gianluigi Buffon, tidak melakukan penyelamatan gemilang saat menahan dua kali tendangan Nicolas Lodeiro dan Luis Suarez.

Selepas turun minum, Uruguay kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-58. Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil karena bola tendangan Rodriguez seusai melakukan kerja sama satu-dua dengan Suarez masih melebar di sisi kiri gawang Italia.

Satu menit berselang, Italia harus bertanding dengan 10 pemain setelah Claudio Marchisio mendapat kartu merah karena melanggar gelandang Uruguay, Egidio Arevalo Rios. Melalui tayangan ulang, Marchisio tampak dengan sengaja menendang tulang kering Arevalo Rios.

Pada menit ke-66, giliran Edinson Cavani yang memperoleh kesempatan. Akan tetapi, lagi-lagi peluang mereka mampu dimentahkan Buffon yang tampil sangat baik saat menepis bola tendangan Cavani.

Unggul jumlah pemain, Uruguay terus menekan pertahanan Italia. Akan tetapi, rapatnya barisan belakang Italia membuat para pemain Uruguay tampak kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-79, ada kejadian menarik di kotak penalti Italia. Dalam tayangan ulang, Suarez terlihat tampak menggigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini. Bek Juventus itu pun sempat tampak kesakitan karena aksi Suarez itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.