Sejarah Baru Afrika Tercipta Berkat Gawang Korsel

Kompas.com - 23/06/2014, 11:46 WIB
Gelandang Aljazair, Yacine Brahimi. AFP PHOTO / PHILIPPE DESMAZESGelandang Aljazair, Yacine Brahimi.
|
EditorReza Wahyudi
PORTO ALEGRE, KOMPAS.com - Gol gelandang Aljazair, Yacine Brahimi, ke gawang Korea Selatan tidak hanya membawa negaranya unggul 4-1 pada menit ke-62. Ternyata, gol keempat tersebut mencetak sejarah baru bagi tim dari Afrika.

Untuk kali pertama, ada sebuah negara Afrika yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan Piala Dunia. Sebelumnya, jumlah gol terbanyak dari para wakil Afrika di Piala Dunia hanya tiga gol.

Aljazair pun menang 4-2 atas Korsel di stadion Beira-Rio, Porto Alegre, Minggu (22/6/2014). Kemenangan Aljazair ditentukan lewat gol Islam Slimani, Rafik Halliche, Abdelmoumene Djabou, dan Brahimi. Sementara dua gol Korsel dicetak Son Heung-min dan Koo J-cheol.

Wakil Afrika pertama kali mengikuti Piala Dunia 1934. Saat itu, Mesir tampil namun langsung gugur karena kalah 2-4 dari Hongaria. Dalam lima gelaran selanjutnya, tidak ada satu pun negara dari Afrika yang mengikuti Piala Dunia.

Setelah mulai konsisten mengirim wakilnya sejak Piala Dunia 1970, prestasi terbaik wakil-wakil Afrika di Piala Dunia hanya sebatas lolos sampai babak perempat final. Beberapa negara yang mampu mencatat prestasi itu antara lain Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X