Kompas.com - 23/06/2014, 03:53 WIB
Para pemain Aljazair saat merayakan gol Yacine Brahimi ke gawang Korea Selatan pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2014 di Stadion Beira-Rio, Minggu (22/6/2014). AFP / JUNG YEON-JEPara pemain Aljazair saat merayakan gol Yacine Brahimi ke gawang Korea Selatan pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2014 di Stadion Beira-Rio, Minggu (22/6/2014).
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
PORTO ALEGRE, KOMPAS.com - Aljazair menjaga asa lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan 4-2 pada matchday kedua Grup H di Estadio Beira-Rio, Minggu (22/6/2014).

Aljazair kini menempati posisi kedua klasemen sementara dengan poin tiga, kalah tiga angka dari Belgia di puncak. Sementara itu, Korea Selatan dan Rusia membuntuti di peringkat ketiga dan keempat dengan poin satu.

Aljazair membuka keran gol mereka melalui torehan Slimani islam saat laga memasuki menit ke-26. Gol tersebut diciptakannya seusai memaksimalkan umpan panjang akurat dari Carl Medjani.

Hanya berselang dua menit, giliran Rafik Halliche yang menambah keunggulan Aljazair. Menerima umpan tendangan pojok, Halliche sukses menyundul bola tanpa mampu dihalau kiper Korea Selatan, Jung Sung-Ryong.

Tujuh menit sebelum turun minum, Aljazair kembali unggul berkat gol Abdelmoumene Djabou. Berawal dari aksinya di kotak penalti, Slimani memberikan umpan silang ke Djabou yang langsung meneruskannya ke dalam kotak penalti Korea Selatan.

Pada babak kedua, Korea Selatan mencoba bangkit. Upaya mereka pun membuahkan hasil setelah Heung-Min Son mampu memperkecil ketertinggal menjadi 1-3 seusai memaksimalkan umpan Sung-Yong Ki.

Namun, Aljazair mampu kembali unggul pada menit ke-62 berkat gol Yacine Brahimi. Gol itu diciptakannya setelah menerima umpan silang Sofiane Feghouli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tertinggal 1-4, Korea Selatan tidak menyerah. Pada menit ke-71, Koo Ja-Cheol kembali mampu memangkas skor setelah bola tendangannya bersarang ke pojok kanan gawang Aljazair. Namun, skor 4-2 untuk Aljazair tetap bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan FIFA, sepanjang pertandingan, Aljazair menguasai bola sebanyak 53 persen dan melepaskan delapan tembakan akurat dari 15 usaha. Adapun Korea Selatan menciptakan lima peluang emas dari delapan percobaan.

Susunan pemain:
Korea Selatan: 1-Jung Sung-Ryong; 3-Yun Suk-Young, 5-Kim Young-Gwon, 12-Lee Yong, 20-Hong Jeong-Ho; 9-Son Heung-Min, 13-Koo Ja-Cheol, 14-Han Kook-Young (19-Ji Dong-Won 78), 16-Ki Sung-Yeung, 17-Lee Chung-Yong (11-Lee Keun-Ho 64); 10-Park Chu-Young (18-Kim Shin-Wook 57)
Pelatih: Hong Myung-bo

Aljazair: 23-Rais M'Bolhi; 2-Madjid Bouguerra, 5-Rafik Halliche, 6-Djamel Mesbah, 20-Aissa Mandi; 10-Sofiane Feghouli, 11-Yacine Brahimi (8-Medhi Lacen 77), 12-Carl Medjani, 14-Nabil Bentaleb, 18-Abdelmoumene Djabou (9-Nabil Ghilas 73); 13-Islam Slimani
Pelatih: Vahid Halilhodzic

Wasit: Wilmar RoldanDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.