Kompas.com - 22/06/2014, 23:44 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Vicente del Bosque mengatakan bahwa sampai saat ini dirinya belum tahu apakah Iker Casillas dan Xavi Hernandez masih akan bersama tim nasional Spanyol setelah Piala Dunia 2014. Tetapi satu hal yang pasti, Del Bosque mengakui jika El Matador perlu sebuah perubahan.

Hal itu dikatakan Del Bosque dalam jumpa pers menjelang laga pamungkas penyisihan Grup B melawan Australia, Senin (23/6/2014). Para wartawan menanyakan tentang masa depan Casillas dan Xavi, juga tentang sikap Cesc Fabregas yang tampak tidak serius saat latihan, sehingga digantikan oleh Xabi Alonso.

"Saya tidak mengambil rompi," ujar Del Bosque mengenai Fabregas. "Ada masalah kecil."

"(Satu tim) kalah jumlah dan tim itu masih tertinggal. Saya mencari dukungan dari Xabi Alonso. Tak ada yang terjadi."

"Saya berterima kasih kepada seluruh pemain. Saya memikirkan tentang mereka. Mereka hanya memikirkan diri sendiri."

Mengenai masa depan Casillas dan Xavi di skuad La Furia Roja, Del Bosque lebih berhati-hati. Sang entrenador secara diplomatis mengatakan bahwa dia belum tahu bagaimana nasib dua pemain bintang yang sukses membawa Spanyol merajai sepak bola dunia selama enam tahun terakhir.

"Saya akan mengatakan kepada anda saat musim bergulir (mengenai Casillas). Itu sesuatu yang lain. Sudah saatnya revolusi dan kami harus menganalisa apa yang setiap orang lakukan bersama klub mereka dan dari sana kami akan mengecek semuanya," lanjut mantan pelatih Real Madrid itu.

"Tak ada pemain yang mengatakan kepadaku mereka tidak akan datang setelah dipanggil. Jika keputusan dibuat, kami akan menghormatinya."

"Kami tidak tahu jika (Xavi) akan bertahan atau tidak. Sejujurnya saya tidak tahu. Tak ada yang mengatakannya kepadaku secara langsung bahwa ini adalah pertandingan terakhir mereka."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.