Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapten Absen, Belanda Kehilangan "van"

Kompas.com - 22/06/2014, 02:28 WIB

KOMPAS.com - Kapten Robin van Persie absen saat Belanda berjumpa dengan Cile pada laga penentuan Grup B, Senin (23/6/2014) gara-gara akumulasi kartu kuning. Lantaran hal itu, Belanda kehilangan pemain dengan penyebutan nama "van". Catatan menunjukkan, "van" lazimnya diterjemahkan sebagai "anak dari" seperti halnya "bin" dalam bahasa Arab.

Sejatinya, 20 tahun silam, Timnas Belanda pun pernah kehilangan "van". Kala itu, pada 1996, tulis media Algemeen Dagblad , Sabtu (21/6/2014), Tim Negeri Kincir Angin berhadapan dengan China pada laga persahabatan.

Pada laga Piala Dunia 1994 di AS, Belanda pun kehilangan "van". Waktu itu, Belanda menghadapi Belgia. Adalah pemain Belanda bernama Franky van der Elst yang tak masuk dalam skuad tim pada laga itu.

Menjelang Piala Dunia 2014, sebetulnya, Belanda kehilangan dua "van". Rafael van der Vaart dan Gregory van der Wiel tak ikut terbang ke Brasil gara-gara performa yang tak memadai.

Sepak bola Belanda pernah mengukir nama-nama pemain berprestasi seperti Marco van Basten, Edwin van der Saar, Giovanni van Bronckhorst, serta Ruud van Nistelrooy. Nama-nama lainnya adalah Willem van Hanegem dan kakak beradik Van der Kerkhof.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com