Kompas.com - 20/06/2014, 18:16 WIB
Gelandang Spanyol, Xabi Alonso (kanan), merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Belanda pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2014, Jumat (13/6/2014). AFP/DAMIEN MEYERGelandang Spanyol, Xabi Alonso (kanan), merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Belanda pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2014, Jumat (13/6/2014).
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Kegagalan Spanyol pada fase penyisihan grup Piala Dunia 2014 memberikan dampak yang kurang bagus terhadap tim. Ada indikasi perpecahan di dalam tubuh La Furia Roja, menyusul komentar Xabi Alonso setelah kekalahan mereka dari Cile.

Setelah dilumat Belanda 1-5 pada laga perdana penyisihan Grup B, Spanyol kembali menderita kekalahan 0-2 dari Cile, Rabu (18/6/2014), yang memastikan mereka tersingkir meskipun masih menyisakan satu pertandingan melawan Australia. Seusai laga tersebut, Alonso mengatakan bahwa Spanyol secara mental tidak melakukan persiapan untuk Piala Dunia sehingga tak ada keinginan yang kuat untuk mempertahankan gelar.

Pernyataan gelandang Real Madrid ini mengundang reaksi keras dari rekan-rekannya. Menurut laporan Marca, apa yang dilontarkan Alonso itu adalah pendapat pribadi, bukan mewakili tim. Andres Iniesta dan Diego Costa menjadi orang yang berada di barisan terdepan mengemukakan kekecewaan mereka terhadap Alonso.

Terlihat ada sedikit pembicaraan antara Alonso dan rekan-rekannya dalam sesi latihan berikutnya. Laporan itu menambahkan bahwa para pemain yang tidak mendapatkan banyak waktu bermain sangat tersinggung dengan kritikannya.

Mereka mengaku sangat ingin bermain, tetapi tak pernah mendapatkan kesempatan. Begitu pula dengan para pemain, yang bahkan tak masuk ke dalam skuad.

Karier Alonso bersama El Matador tampaknya semakin mendekati akhir. Ditengarai, laga melawan Australia pada Senin (23/6/2014) menjadi penampilan terakhirnya di level internasional.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.