Timnas Indonesia Matangkan Strategi saat Lawan Pakistan

Kompas.com - 20/06/2014, 16:58 WIB
Christian Gonzales, salah satu pemain Arema ISL yang dipanggil timnas Indonesia. Kompas.com/Banar Fil ArdhiChristian Gonzales, salah satu pemain Arema ISL yang dipanggil timnas Indonesia.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Tim Nasional Indonesia memanfaatkan pertandingan uji coba melawan Pakistan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (21/6/2014), untuk mematangkan taktik dan strategi permainan. Asisten Pelatih Timnas Indonesia Widodo Cahyono Putro ketika dihubungi di Sidoarjo, Jumat (20/6) mengatakan, pihaknya belum mengetahui kekuatan Pakistan, tetapi timnya akan menerapkan pola permainan menyerang untuk mengejar kemenangan.

"Laga uji coba ini menjadi kesempatan bagi tim pelatih untuk menerapkan dan mematangkan strategi permainan tim selama menjalani pemusatan latihan di Sidoarjo, baik cara menyerang maupun bertahan," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Widodo, pelatih kepala Timnas Senior Alfred Riedl kemungkinan besar akan mencoba seluruh pemain untuk dimainkan secara bergantian, sekaligus mencari formasi yang terbaik.

Pemusatan latihan Timnas Senior di Sidoarjo yang berlangsung sejak Senin (16/6), diikuti sebanyak 24 pemain dari berbagai klub ISL.

"Kami belum bisa memastikan siapa saja pemain yang akan turun sebagai starter. Pelatih akan melihat kondisi pemain yang paling siap untuk dimainkan," tambah mantan penyerang Timnas Indonesia itu.

Pemain naturalisasi Christian Gonzales kemungkinan akan menjadi andalan lini depan, ketika Riedl memainkan formasi 4-2-3-1. Penyerang Arema Cronous itu akan mendapatkan dukungan dari gelandang serang seperti Firman Utina, Zulham Zamrun dan Samsul Arif.

Selain itu, nama-nama seperti Achmad Bustomi dan Hariono menjadi pelengkap lini tengah. Sementara di jantung pertahanan terdapat M Roby, Supardi, Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, serta penjaga gawang Kurnia Meiga.

"Kendati hanya laga uji coba, sudah pasti kami tetap ingin meraih kemenangan. Kami berharap seluruh pemain tampil maksimal menghadapi Pakistan," ujar Widodo.

Timnas Indonesia awalnya dijadwalkan menjalani tiga laga uji coba selama menjalani pemusatan latihan di Jatim hingga 26 Juni mendatang. Tetapi, Palestina sebagai salah satu calon lawan timnas tidak bisa datang ke Indonesia, sehingga laga uji coba dikurangi menjadi hanya dua kali.

Setelah menghadapi Pakistan, Christian Gonzales dan kawan-kawan akan ditantang Timnas Nepal di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 25 Juni.

Sekretaris Badan Tim Nasional PSSI Sefdin Syaifudin mengatakan Timnas Pakistan sudah tiba di Jakarta pada Kamis (19/6) malam dan baru berangkat ke Sidoarjo pada Jumat pagi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X