Kompas.com - 20/06/2014, 06:58 WIB
Striker Yunani, Georgios Samaras (kiri) saat berduel udara dengan bek Jepang, Arsuto Uchida, pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2014 di Dunas Arena, Natal, Kamis (19/6/2014). AFP / FABRICE COFFRINIStriker Yunani, Georgios Samaras (kiri) saat berduel udara dengan bek Jepang, Arsuto Uchida, pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2014 di Dunas Arena, Natal, Kamis (19/6/2014).
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
NATAL, KOMPAS.com — Jepang dan Yunani bermain imbang tanpa gol pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2014 di Estadio Das Dunas, Natal, Kamis atau Jumat (20/6/2014) pagi WIB. Hasil itu pun memastikan Kolombia melaju ke 16 besar.

Kini Kolombia berada di puncak klasemen sementara Grup C dengan poin enam dari dua laga, unggul tiga angka dari pesaing terdekat Pantai Gading di posisi kedua. Sementara itu, Jepang dan Yunani menempati posisi ketiga dan keempat dengan poin satu.

Sebenarnya Jepang mampu tampil dominan sepanjang pertandingan. Bahkan, mereka unggul jumlah pemain setelah Kostas Katsouranis menerima kartu kuning kedua pada menit ke-38 setelah melanggar Makoto Hasebe.

Namun, hal itu tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Keisuke Honda dan kawan-kawan. Beberapa kali mereka menciptakan peluang berbahaya, tetapi selalu kandas oleh rapatnya barisan pertahanan Yunani.

Pada menit ke-51, misalnya, saat Honda mendapatkan peluang emas untuk membobol gawang Yunani. Sayang, bola tendangan kerasnya seusai menerima umpan Yoshito Okubo masih dapat ditepis oleh kiper Yunani, Orestis Karnezis.

Meski lebih banyak bertahan, Yunani bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-60, hampir saja Yunani unggul lebih dulu jika saja kiper Jepang, Eiji Kawashima, tidak melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola tendangan Theofanis Gekas.

Lima menit sebelum akhir laga, Jepang kembali mendapatkan kesempatan emas. Namun, lagi-lagi upaya mereka belum membuahkan hasil karena bola tendangan Yuto Nagatomo masih dapat diamankan oleh Karnezis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut catatan FIFA, sepanjang laga, Jepang menguasai bola sebanyak 68 persen dan melepaskan 11 tembakan akurat dari 16 usaha. Adapun Yunani menciptakan lima peluang emas dari sembilan percobaan.

Susunan pemain:
Jepang: 1-Eiji Kawashima, 2-Atsuto Uchida, 5-Yuto Nagatomo, 15-Yasuyuki Konno, 22-Maya Yoshida, 4-Keisuke Honda, 9-Shinji Okazaki, 13-Yoshito Okubo, 16-Hotaru Yamaguchi, 17-Makoto Hasebe (7-Yasuhito Endo 45), 18-Yuya Osako (10-Shinji Kagawa 57)
Pelatih: Alberto Zaccheroni

Yunani: 1-Orestis Karnezis, 4-Kostas Manolas, 15-Vasileios Torosidis, 19-Sokratis Papastathopoulos, 20-José Cholevas, 2-Ioannis Maniatis, 8-Panagiotis Kone, 21-Kostas Katsouranis, 7-Giorgos Samaras, 9-Kostas Mitroglou (17-Theofanis Gekas 35), 18-Ioannis Fetfatzidis (10-Georgios Karagounis 42)
Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Joel Aguilar (Slovenia)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.