Nasib Inggris di Tangan Italia

Kompas.com - 20/06/2014, 06:09 WIB
Penyerang Inggris, Wayne Rooney (kanan), dikepung bek Italia, Claudio Marchisio, Andrea Barzagli (2 dari kiri) dan Matteo Darmian (kiri), dalam laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2014, 14 Juni 2014. AFP / BEN STANSALLPenyerang Inggris, Wayne Rooney (kanan), dikepung bek Italia, Claudio Marchisio, Andrea Barzagli (2 dari kiri) dan Matteo Darmian (kiri), dalam laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2014, 14 Juni 2014.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
SAO PAULO, KOMPAS.com — Inggris akan menggantungkan nasib kepada Italia untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 setelah dikalahkan Uruguay 1-2 pada matchday kedua Grup G di Arena Corinthians, Sao Paulo, Kamis atau Jumat (20/6/2014) dini hari WIB.

Uruguay memimpin lebih dulu melalui kreasi Luis Suarez pada menit ke-39. Meski sempat membalas berkat torehan Wayne Ronney pada menit ke-75, Inggris harus mengakhiri laga dengan tangan hampa setelah Suarez kembali membobol gawang Joe Hart sepuluh menit berselang.

Meski gagal mendulang poin, peluang Inggris lolos ke babak selanjutnya tetap terbuka. Nasib Inggris kini tergantung pada hasil pertandingan Italia melawan Kosta Rika di Arena Pernambuco, Jumat (20/6/2014) malam.

Saat ini Inggris menduduki peringkat buncit klasemen sementara Grup G dengan poin nol dari dua laga, tertinggal tiga angka dari Uruguay di posisi ketiga. Sementara itu, Kosta Rika dan Italia berada di peringkat pertama dan kedua dengan perolehan poin tiga dari satu pertandingan.

Dengan begitu, jika laga Italia dan Kosta Rika berakhir imbang, maka Inggris otomatis langsung tersingkir karena tidak mungkin lagi mengejar poin 4 milik Italia dan Kosta Rika. Pun halnya jika Kosta Rika berhasil menang atas Italia.

Namun, jika Italia berhasil mengalahkan Kosta Rika, pertandingan matchday ketiga Grup G akan menjadi penentuan. Pada matchday tersebut, lagi-lagi nasib Inggris akan tergantung dengan Italia karena jika skuad Gli Azzurri takluk dari Uruguay, maka Rooney dan kawan-kawan otomatis tersingkir.

Sebaliknya, jika Italia yang menang, sementara Inggris bisa menaklukkan Kosta Rika, maka Italia bakal mengemas poin sembilan, lalu Inggris, Uruguay, serta Kosta Rika memiliki poin tiga. Dengan begitu, penentuan tim yang bakal melangkah ke 16 besar sebagai runner-up akan ditentukan dengan selisih gol.

Baca tentang


Sumber FIFA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X