Kompas.com - 19/06/2014, 12:43 WIB
|
EditorReza Wahyudi
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, meminta maaf kepada publik negerinya, karena La Furia Roja tersingkir dari Piala Dunia bahkan sebelum melakoni laga terakhir.

Spanyol tersingkir karena kalah dalam dua laga perdana Grup B. Setelah kalah 1-5 dari Belanda, mereka menyerah 0-2 kepada Cile.

Dengan satu laga tersisa, Spanyol duduk di dasar klasemen dengan nilai nol, sementara posisi dua besar dihuni Belanda dan Cile yang sama-sama memiliki nilai enam. Adapun tempat ketiga dihuni Australia, juga dengan nilai nol dari dua pertandingan.

Kegagalan masuk 16 besar itu merupakan bencana serius bagi Spanyol, karena mereka datang ke Brasil sebagai juara bertahan dan juara Piala Eropa 2008 dan 2012.

Jebloknya prestasi Spanyol di Piala Dunia tahun ini kemudian dikaitkan dengan anggapan bahwa gaya permainan tiki-taka itu sudah diketahui kelemahannya. Tiki-taka adalah sebutan yang merujuk gaya permainan timnas Spanyol yang mengedepankan sebanyak mungkin penguasaan bola.

"Ini hari yang menyedihkan bagi kami semua. Kami minta maaf karena kami tidak sukses, tetapi terlalu dini untuk menganalisis soal ke mana kami akan melangkah setelah ini," ujar pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque.

"Kami kalah dari Belanda dan Cile. Mereka mencetak gol dan menyulitkan kami. Kami terlalu takut-takut pada babak pertama dan tidak bereaksi dengan cukup baik pada babak kedua."

"Gol pertama mengangkat mereka dan mereka benar-benar menyulitkan kami," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.