Kompas.com - 16/06/2014, 21:50 WIB
Tim Nasional Jerman. AFP PHOTO / DANIEL ROLANDTim Nasional Jerman.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
SALVADOR, KOMPAS.com — Berikut ini adalah 10 hal menarik mengenai tim nasional Jerman dan Portugal jelang pertemuan kedua tim pada laga pembuka Grup G Piala Dunia yang akan digelar di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (16/6/2014).

- Piala Dunia 2014 merupakan penampilan Portugal yang keempat berturut-turut. Total, mereka tampil sebanyak enam kali di Piala Dunia.

- Bek Portugal, Bruno Alves, mencetak 4 gol pada babak kualifikasi.

- Dari tujuh pertandingan Piala Dunia, lima di antaranya Portugal gagal mencetak gol. Mulai dari imbang 0-0 dengan Inggris, takluk 0-1 dari Perancis, ditahan Pantai Gading 0-0, imbang 0-0 dengan Brasil, dan kalah 0-1 dari Spanyol.

- Jerman selalu menang dalam enam laga pembukaan di Piala Dunia. Terakhir kali, Der Panzer kehilangan poin dalam laga pembuka saat ditahan imbang 1-1 oleh Uruguay pada Piala Dunia 1986.

- Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, hanya mencetak dua gol dari 10 laga pada Piala Dunia. Piala Dunia 2014 merupakan turnamen ketiga bagi Ronaldo. Sebelumnya, dia mencetak gol dari titik putih saat Portugal menang 2-0 atas Iran pada Piala Dunia 2006 dan Ronaldo mencetak gol terakhir saat Portugal menang 7-0 atas Korea Utara pada Piala Dunia 2010.

- Penyerang Jerman, Miroslav Klose, yang mencetak 14 gol hanya terpaut satu gol dari legenda Brasil, Ronaldo, yang berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia. Pemain berusia 36 tahun tersebut mencetak lima gol pada Piala Dunia 2002, menorehkan lima gol pada Piala Dunia 2006, dan membukukan empat gol pada Piala Dunia 2010. Hanya Pele dan Uwe Seeler yang sebelumnya mampu mencetak gol pada empat Piala Dunia berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Jerman hanya sekali kalah dari 18 pertandingan penyisihan grup Piala Dunia. Dengan catatan, 13 menang dan 4 imbang. Mereka kalah 0-1 dari Serbia pada Piala Dunia 2010.

- Jerman merupakan tim yang paling banyak mencetak gol pada babak kualifikasi dengan torehan 36 gol.

- Pertandingan melawan Portugal merupakan laga ke-100 bagi Jerman pada Piala Dunia. Jerman pun menjadi tim pertama yang meraih kesuksesan tersebut.

- Jerman merupakan tim yang paling banyak kebobolan dalam sejarah Piala Dunia, yakni 117 gol.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.