Kompas.com - 15/06/2014, 17:37 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
SALVADOR, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Belandai, Louis van Gaal, memberikan izin kepada istri, keluarga, dan pacar (media-media Eropa sering menyebutnya dengan WAGs alias wifes and girlfriends) para pemain De Oranje untuk mengunjungi hotel tempat tim menginap sebanyak dua kali, sebelum dan setelah laga melawan Spanyol. Menurut Van Gaal, hal tersebut membantu faktor psikologis para pemainnya.

Untuk perhelatan besar seperti Piala Dunia, kebanyakan pelatih melarang para pemain bertemu istri, keluarga, dan pacar selama kejuaraan berlangsung. Bagi beberapa pelatih, hal tersebut bisa membuat fokus pemain terpecah.

Akan tetapi, Van Gaal menjadi pelatih pertama yang buka suara mengenai pentingnya peran istri, keluarga, dan pacar untuk para pemainnya.

"Prinsip saya adalah gambaran keseluruhan, seluruh orang, dan pemain. Otak dan jiwa ikut berperan. Jiwa dipengaruhi oleh lingkungannya," ujar Van Gaal seperti yang dilansir Mirror.

"Jadi, pada Kamis dan pagi ini, saya memberi izin untuk para istri mengunjungi hotel. Jadi, para pemain bisa bahagia. Namun, bukan berarti ini adalah alasan untuk kemenangan kami," lanjutnya. "Saya mengatakan kepada para pemain akan memastikan akan ada waktu di mana istri dan keluarga akan mengunjungi mereka."

Entah berpengaruh atau tidak, yang jelas Belanda tampil ganas saat berhadapan dengan Spanyol di Salvador, Jumat (13/6/2014) waktu setempat. Secara mengejutkan, Belanda menang telak 5-1 atas sang juara bertahan.

"Kami memiliki para pemain yang dapat memastikan tidak terlena dalam euforia. Kami bermain dengan luar biasa dan kompak. Kami memiliki lini depan yang sempurna. Kami masih bisa lebih baik. Itu tidak diragukan lagi," kata Van Gaal.

"Anda melihatnya dalam 20 menit terakhir pertandingan saat kami memainkan bola penuh percaya diri. Lalu, Anda melihat bagaimana para pemain tampil baik. Hasil itu memberikan kami kepercayaan diri dan saya berharap kami bisa lebih baik lagi," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.