Kompas.com - 14/06/2014, 20:04 WIB
Gelandang Yunani, Giorgos Karagounis. AFP/NICHOLAS KAMMGelandang Yunani, Giorgos Karagounis.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Tidak ada tim yang sangat menonjol di Grup C Piala Dunia Brasil 2014 yang berisikan Kolombia, Jepang, Yunani, dan Pantai Gading. Keempat peserta sama-sama yakin kekuatan mereka merata dan sama-sama berpeluang besar maju ke babak 16 besar. Namun, Kolombia memiliki nilai lebih.

Kolombia memiliki nilai plus karena dijadikan target kunci lawannya. Seakan berlaku adagium, bila mampu mengalahkan Kolombia, tiket babak sistem gugur sudah langsung diperoleh pemenangnya. Maka, Yunani yang akan menghadapi Kolombia pada Sabtu (14/6/2014) tengah malam waktu Indonesia berupaya keras untuk dapat menjegal tim negara Amerika Selatan itu.

”Kami bertekad menembus babak sistem gugur yang belum pernah kami capai sebelumnya. Untuk melakukannya, kami harus mengambil angka dalam setiap laga. Pertandingan paling penting adalah melawan Kolombia. Ini adalah pertandingan pertama kami dan mereka tim yang berbahaya,” ujar Giorgos Karagounis, kapten tim Yunani.

Yunani sangat bersyukur, empat pemain pilar Kolombia didera cedera sehingga tidak dapat turun di Stadion Mineirao, Belo Horizonte. Paling tidak, dengan absennya penyerang utama, Radamel Falcao, lini depan Kolombia diharapkan menjadi tumpul.

”Inilah masanya kami mengalahkan mereka. Kolombia harus bekerja sangat keras untuk dapat mengambil angka dari kami dan itu pekerjaan yang akan sangat sulit sekali. Kami akan memenangkan laga ini,” tutur pemain bertahan Yunani, Giorgos Tzavellas.

Karagounis mengungkapkan, mereka datang ke Brasil dengan keunggulan sebagai tim solid. Mereka telah melakukan perjalanan dan menghabiskan waktu bersama sesama pemain dan bekerja sebagai tim. Hal yang terpenting, seluruh anggota tim memiliki kekompakan di bawah asuhan pelatih Fernando Santos yang sudah melatih tim itu selama empat tahun.

”Ini yang akan ditunjukkan di lapangan nanti. Kami telah menikmati keberhasilan dan merenungi kegagalan bersama. Kami telah hidup dan bernapas sebagai sebuah tim dan merasakan emosi yang dalam,” kata Karagounis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melawan Kolombia, Yunani akan mengandalkan pola bertahan ketat dan mengandalkan serangan balik. Tipikal itu sudah ditunjukkan selama kualifikasi dan berhasil membuat gawang Yunani yang dijaga Orestis Karnezis relatif aman. Yunani tidak akan ”ngotot” menyerang untuk membuat banyak gol. Selama kualifikasi, Yunani menang delapan kali dari 10 laga dan lima kemenangan di antaranya hanya mencetak skor 1-0, dengan kemasukan 4 gol saja.

Pola sepak bola negatif itulah yang akan diwaspadai Kolombia pada laga Sabtu nanti. Tanpa Falcao, Kolombia tetap akan memperagakan pola menyerang 4-4-2 yang dikombinasikan dengan format 4-2-2-2.

Bek Kolombia, Mario Yepes, mengatakan, mereka memang kehilangan penyerang bintang Radamel Falcao, bek Aldo Ramirez dan Luis Perea serta gelandang Edwin Valencia, tetapi gaya mereka tidak akan berubah.

”Kolombia tidak akan mengubah gaya bermain. Sepanjang kualifikasi, kami telah menunjukkan penguasaan bola dan menyerang yang membuat kami kuat,” ujar Yepes.

Kolombia boleh jadi sedikit melemah akibat cedera Falcao. Namun, pelatih Jose Pekerman telah memanggil pemain klub River Plate, Teofilo Gutierrez, sebagai pengganti. Pemain
berusia 29 tahun yang mencetak 12 gol dalam pertandingan bersama negaranya itu diharapkan mampu menyerang setajam
Falcao. Dia akan ditandemkan dengan Victor Ibarbo dibantu pemain sayap Jackson Martinez.

Pekerman memang tidak kesulitan menyusun skuad karena Kolombia memiliki 18 pemain yang berlaga di klub Eropa. Salah satu yang diperkirakan akan diturunkan adalah James Rodriguez yang sangat andal di lapangan tengah. Kepiawaian mengolah bola mati membuat pemain klub Monaco ini harus diwaspadai lawannya. Sayangnya, kelemahan Rodriguez acapkali enggan ikut menjaga pertahanan. Hasratnya untuk turun ke bawah membantu saat timnya diserang sering dipertanyakan. (FIFA.COM/Reuters/AFP/SAH)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.