Kompas.com - 14/06/2014, 11:29 WIB
Gelandang Belanda, Arjen Robben, saat mencetak gol kedua ke gawang Spanyol pada pertandingan perdana Grup B Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Jumat atau Sabtu (14/6/2014) dini hari WIB. Belanda menang 5-1 pada laga tersebut. AFP / DAMIEN MEYERGelandang Belanda, Arjen Robben, saat mencetak gol kedua ke gawang Spanyol pada pertandingan perdana Grup B Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Jumat atau Sabtu (14/6/2014) dini hari WIB. Belanda menang 5-1 pada laga tersebut.
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Kekalahan telak Spanyol dari Belanda tak hanya meninggalkan duka mendalam bagi tim asuhan Vicente del Bosque ini. Rekor buruk pun harus dicatat dalam buku sejarah tim nasional Spanyol.

Kekalahan 1-5 dari Belanda pada laga pertama Piala Dunia 2014 tersebut merupakan kekalahan pertama terbesar Spanyol setelah 51 tahun.

Menurut catatan FIFA, kekalahan terburuk Spanyol tersebut terjadi pada Juni 1963. Saat itu, La Furia Roja dipermalukan Skotlandia dengan skor 2-6.

Pada pertandingan yang digelar Sabtu (14/6/2014) dini hari itu, Spanyol sebenarnya unggul lebih dulu setelah Xabi Alonso mencetak gol pada menit ke-27. Namun, sebelum babak pertama usai, Van Persie menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua, Persie kembali menambah keunggulan Belanda pada menit ke-72. Tiga gol skuad De Oranje lainnya dicetak Arjen Robben (53, 80) dan Stefan de Vrij (64).

Pada ajang Piala Dunia sendiri, Spanyol terakhir mengalami kekalahan telak saat dibantai Brasil dengan skor 1-6 pada tahun 1950.

Spanyol pada Piala Dunia tahun ini berada di grup B bersama Australia dan Cile. Dengan kekalahan atas Belanda, Iniesta dkk wajib menang dalam dua laga berikutnya melawan Australia dan Cile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Sumber FIFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.