Wasit Brasil Vs Kroasia Pakai Cat Semprot, Untuk Apa?

Kompas.com - 13/06/2014, 11:33 WIB
Wasit asal Jepang tersebut membuat membuat garis batas sejauh 9 meter dari bola saat pertandingan Brasil melawan Kroasia pada laga perdana Piala Dunia 2014 Brasil. NDTVWasit asal Jepang tersebut membuat membuat garis batas sejauh 9 meter dari bola saat pertandingan Brasil melawan Kroasia pada laga perdana Piala Dunia 2014 Brasil.
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Selain kontroversi soal hadiah penalti untuk Brasil, ada yang hal menarik dari laga perdana Piala Dunia 2014 tersebut.

Saat terjadi pelanggaran di luar kotak penalti, wasit terlihat menyemprotkan cat berwarna putih ke atas rumput. Untuk apakah itu?

Cat semprot tersebut ternyata digunakan untuk membuat garis batas saat tendangan bebas diberikan di sekitar kotak terlarang. Pemain bertahan lawan harus berdiri di belakang garis yang telah dibuat oleh wasit.

Dikutip dari situs resmi FIFA, cat semprot sebagai penanda tendangan bebas untuk kali pertama digunakan di Piala Dunia 2014 pada pertandingan Brasil melawan Kroasia, Jumat (13/6/2014) dini hari.

Cat yang mudah hilang ini kali pertama digunakan wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura, saat Kroasia mendapat tendangan bebas pada babak pertama.

Wasit terbaik Asia tahun 2012 itu membuat lingkaran di sekeliling bola dengan semprotan tersebut dan kemudian membuat garis batas berjarak sekitar 9 meter dari bola. Garis batas tersebut menandai posisi di mana tembok pertahanan lawan berdiri.

Cat berbahan aerosol yang disemprotkan ke rumput tersebut akan hilang dalam waktu satu menit.

Sistem ini sebenarnya telah digunakan dalam liga Brasil dan Argentina selama beberapa musim, dan juga diuji coba pada Piala Dunia U-20 tahun lalu. Cat semprot ini rencananya akan digunakan pada Liga Champion Eropa musim depan.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X