Kompas.com - 08/06/2014, 11:39 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kakak beradik Yaya dan Kolo Toure bakal bahu-membahu membela negara mereka, Pantai Gading, demi memenangi trofi Piala Dunia 2014. Kendati begitu, keduanya sama-sama merumput di Liga Primer Inggris (EPL). Kolo, Sang Kakak, membela panji-panji Liverpool. Sementara, Yaya, berada di dalam skuad Manchester City. "Semua orang mesti paham hubungan kami," kata Yaya sebagaimana warta AFP  pada Minggu (8/6/2014).

Hubungan kakak beradik, kemudian, juga bukan menjadi monopoli keluarga Toure. Soalnya, di Tim Nasional (Timnas) Honduras, ada pasangan kakak beradik Wilson dan Jerry Palacios. Rakyat Honduras percaya, keduanya akan saling mendukung demi memenangi laga demi laga di Piala Dunia kali ini.

Saat ini, Wilson bermain sebagai gelandang di Stoke City, klub anggota EPL. Sementara, Jerry bermain untuk klub Liga Kosta Rika, Alajuelense.

Boateng

Ternyata, hubungan darah keluarga Toure maupun Palacios tak menular ke keluarga Boateng. Kakak beradik Kevin-Prince dan Jerome justru "baku bunuh" di Negeri Samba. Tak tanggung-tanggung, keduanya sudah saling berseteru sejak 2010 baik di klub maupun timnas masing-masing.

AFP/PATRIK STOLLARZ Gelandang Schalke 04, Kevin-Prince Boateng (kiri), striker Jefferson Farfan dan striker Adam Szalai merayakan gol yang dicetak ke gawang Bayer Leverkusen dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (31/8/2013).

Kevin-Prince lebih tua dua tahun ketimbang Jerome yang saat ini berumur 25. Kevin-Prince sempat menjadi bahan olok-olokan di Jerman, negeri kelahirannya, gara-gara menekel bintang Jerman Michael Ballack. Insiden itu terjadi tatkala Kevin Prince membela Portsmouth melawan Chelsea di final Piala FA pada 2010. Ballack adalah penggawa The Blues, julukan bagi Chelsea.

Kevin-Prince yang berkewarganegaraan Ghana sejak 2010 tersebut kini bermain untuk klub anggota Bundesliga, Schalke. Kevin-Prince, sebelum berpindah kewarganegaraan, meniti kariernya di Timnas Jerman sejak 2001 sampai dengan 2009 mulai dari Timnas U-15 hingga U-21.

Lain halnya dengan Jerome Boateng. Meski sama-sama kelahiran Jerman bersama kakaknya, Jerome memilih kewarganegaraan Jerman. Pemilik tinggi badan 1,92 meter ini bernomor punggung 17 di klub tempatnya mencari nafkah, Bayern Muenchen. Jerome pun sekarang menjadi anggota skuad Der Panzer untuk berlaga di Brasil.       
    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.