Timnas Indonesia U-18 Bungkam Brunei

Kompas.com - 06/06/2014, 23:15 WIB
Ilustrasi Bendera Indonesia Dok.GoogleIlustrasi Bendera Indonesia
|
EditorAloysius Gonsaga AE
SOLO, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia U-18 menang 2-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan perdana Grup B Asian Schools Football U-18 Championship (Piala Pelajar Asia U-18) di Stadion Manahan, Solo, Jumat (6/6/2014).

Pasukan Maman Suryaman tersebut berhasil unggul lebih dulu berkat tendangan keras Sandi Pratama pada menit ke-26.  

Gol berawal dari umpan tarik yang dilakukan oleh Gilang Rossa Isya yang berhasil lolos melewati beberapa pemain dan memberikan bola ke Sandi. Sandi langsung mengarahkan bola ke gawang Brunei dan gol.

Gol tersebut membuat Indonesia semakin bersemangat menekan lawan. Riyan dan kawan-kawan terus melakukan serangan ke pertahanan lawan. Namun, Brunei yang memperkuat pertahanan masih mampu menghalau serangan tim tuan rumah. Hal ini membuat Indonesia hanya mampu unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia mengubah strategi untuk menjaga ketat pemain lawan sehingga Brunei tidak mampu mengembangkan permainan. Riyan dan kawan-kawan mampu menguasai permainan.

Usaha Indonesia membuahkan hasil pada menit ke-53 melalui tendangan keras kaki Gilang Rossa Pratama. Dari sayap kiri, ia berhasil lolos dan berhadapan langsung dengan kiper Brunei, Muhd Ishsyaa Aswa. Gilang pun mampu mencatatkan namanya di papan skor sehingga Indonesia unggul 2-0.

Kedudukan 2-0 untuk Indonesia tersebut bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan, Lee Chang Won asal Korea Selatan, meniup peluit panjang tanda pertandingan babak kedua berakhir.

Seusai pertandingan, pelatih timnas U-18 Indonesia Maman Suryaman mengatakan, meskipun timnya berhasil memenangkan pertandingan, tetapi mereka bermain tidak seperti biasanya.

Namun, kata dia, kemenangan pada pertandingan perdana di Grup B ini, menjadi modal untuk laga selanjutnya melawan Hongkong.

"Kami sempat mengikuti irama permainan Brunei, sehingga banyak beberapa peluang yang tidak menjadi gol. Mereka masih kurang pengalaman, tetapi tim akan bermain sebaik mungkin untuk masuk ke final," kata Suryaman.

Menurut dia, lawan Indonesia selanjutnya Hongkong memiliki kekuatan merata. "Hongkong tim yang bagus, meski pada pertandingan awal, mereka dikalahkan 1-4 dari Thailand," tutur Maman.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X