Kompas.com - 03/06/2014, 13:18 WIB
Tim nasional Jepang. AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA Tim nasional Jepang.
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Eks Bintang Timnas Jepang, Hidetoshi Nakata, memulai debutnya di Brasil dengan "menjual" negaranya sendiri. Waktunya cuma satu bulan alias sepanjang perhelatan Piala Dunia 2014, tulis AFP , pada Selasa (3/6/2014). "Saya membuka kafe yang memperkenalkan kultur Jepang di Sao Paulo," kata mantan penggawa klub AS Roma itu di Kedutaan Besar Jepang untuk Brasil di Sao Paulo.

Menurutnya, promosi budaya ini menjadi bagian dari upayanya bersama Tim Nasional (Timnas) Samurai Biru, sebutan untuk Timnas Jepang, mempromosikan budaya Jepang di Brasil. Kafe tersebut, terang Nakata, kelahiran Kofu, Yamahashi pada 22 Januari 1977 ini akan berlabel namanya sendiri.

Mengutip pernyataan Ketua Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) Kuniya Daini, pada Piala Dunia 2014, Jepang mematok target mencapai perempat final. Saat menjadi tuan rumah bersama Korsel, pada 2002, Jepang untuk kali pertama mencapai putaran kedua. Kemudian, Tim Samurai Biru mengulang pencapaian itu pada Piala Dunia Afrika Selatan pada 2010.

Saat ini, Jepang berada di Grup C bersama Kolombia, Pantai Gading, dan Yunani. Pada pentas Piala Dunia sekarang, Jepang tampil untuk kali kelima sejak debutnya pada Piala Dunia Perancis, 1998.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X