Kompas.com - 16/05/2014, 14:03 WIB
Kapten tim nasional Indonesia U-19, Evan Dimas, berendam di air es. Hal itu merupakan bagian dari hydroterpahy yang dijalani Garuda Jaya untuk mempercepat pemulihan fisik. Ferril DennysKapten tim nasional Indonesia U-19, Evan Dimas, berendam di air es. Hal itu merupakan bagian dari hydroterpahy yang dijalani Garuda Jaya untuk mempercepat pemulihan fisik.
|
EditorGlori K. Wadrianto
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil tes fisik yang dilakukan pada Rabu lalu, terlihat seluruh pemain tim nasional PSSI U19 mengalami peningkatan yang signifikan.

Dari 29 pemain yang ada, kapten tim Evan Dimas masih berada di posisi pertama dengan VO2max 64,88.

VO2max adalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. VO2 max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter per menit per kg berat badan.

"Dari hasil tes fisik kemarin jika dirata-rata semua pemain saat ini mencapai, 58,8," ujar Pelatih fisik plus Timnas U19, Nur Saelan saat ditemui di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat (16/5/2014).

Nur Saelan memaparkan, kemampuan fisik yang paling baik sampai saat ini masih didominasi oleh pemain-pemain berposisi gelandang.

"Semua pemain meningkat hingga 5 digit. Evan Dimas yang awalnya 55,5 sekarang 64,88 dan hasil itu tertinggi," tegasnya.

Nur mengungkapkan, ke depan kemampuan fisik VO2max pemain timnas U19 ditargetkan mencapai angka 60. Target ini diharapkan akan tercapai sebelum berangkat ke ajang final piala Asia di Myanmar mendatang.

Menurutnya, peningkatan tidak hanya untuk VO2max, namun juga mencakup kecepatan dan kelincahan setiap pemain. "Saat lawan UEA kecepatan dan kelincahan kita sangat menolong," tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X