Aji Santoso Akui Timnas U-23 Sulit Tembus Pertahanan Republik Dominika

Kompas.com - 16/05/2014, 00:43 WIB
Pelatih timnas U-23, Aji Santoso. Ary Wibowo/ Kompas.comPelatih timnas U-23, Aji Santoso.
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, Kompas.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, mengakui jika anak asuhnya sempat mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Timnas Republik Dominika meski akhirnya mampu mencuri gol penyeimbang menjelang akhir pertandingan.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (15/5/2014) malam, tim yang dipersiapan untuk Asian Games 2014 harus tertinggal terlebih dahulu oleh gol lawan. Adalah Kerbi Rafael Rodriguez Pichardo yang membawa Dominika unggul pada menit ke-25.

Lewat perjuangan yang keras, Manahati Lestusen dan kawan-kawan akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti pemain pengganti yaitu Alvin Tuasalamony pada menit ke-85.

"Selama babak pertama, serangan yang dibangun selalu mampu dipatahkan barisan pertahanan lawan. Mereka cukup solid," kata pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso usai pertandingan.

Terus mengalami kebuntuan selama babak pertama, kata Aji, pihaknya meminta pemain lebih kreatif di babak kedua. Masuknya pemain baru seperti Syakir Sulaiman, Rizky Pellu, Alvin Tuasalamony dan Novri Setiawan membuat pola serangan lebih baik.

"Pada babak kedua improvisasi memang meningkat meski tetap menerapkan skema permainan yang sama dengan babak pertama. Mereka tampil konsisten," ujar Aji.

Selama babak kedua berlangsung, banyak peluang tercipta. Tetapi hanya satu yang membuahkan gol dan itu pun dari tendangan penalti setelah Alvin dijatuhkan di kotak terlarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu pelatih Timnas Dominika Clemente Domingo Hernandez mengatakan tidak kecewa dengan hasil imbang saat menghadapi tuan rumah Indonesia. Apalagi pemain yang dibawa masih dalam tahap seleksi.

"Secara keseluruhan, kami puas dengan apa yang ditunjukkan pemain di lapangan, apalagi persiapan untuk pertandingan ini cukup singkat," katanya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.