Van der Sar: Belanda Akan Menghadapi Tantangan Berat

Kompas.com - 13/05/2014, 15:47 WIB
Para pemain dan ofisial Ajax Amsterdam saat melakukan jumpa pers di Adidas Store, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (13/5/2014). Dari kiri ke kanan: Niklas Mosaider, Mickey van der Hart, Siem de Jong, Lesly de Sa, Sheraldo Becker, Kenny Tete, Peter Leeuwenburg, Jairo Riedewald, Edwin van der Sar dan Jaap Stam. KOMPAS.com / Ary WibowoPara pemain dan ofisial Ajax Amsterdam saat melakukan jumpa pers di Adidas Store, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (13/5/2014). Dari kiri ke kanan: Niklas Mosaider, Mickey van der Hart, Siem de Jong, Lesly de Sa, Sheraldo Becker, Kenny Tete, Peter Leeuwenburg, Jairo Riedewald, Edwin van der Sar dan Jaap Stam.
|
EditorTjatur Wiharyo
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan kiper tim nasional Belanda, Edwin van der Sar, berpendapat, Belanda akan mendapatkan tantangan berat untuk bisa kembali melaju ke final pada Piala Dunia 2014.  

Belanda berhasil melaju ke final pada Piala Dunia 2010. Namun, impian Arjen Robben dan kawan-kawan untuk mengangkat trofi juara sirna setelah takluk 0-1 dari Spanyol. Gol sematawayang La Furia Roja diciptakan Andres Iniesta pada babak tambahan waktu.

Kedua tim akan kembali bertemu pada laga perdana penyisihan Grup B Piala Dunia 2014. Selain Spanyol, Louis van Gaal akan bersaing dengan Chile dan Australia.

Van Gaal telah merilis 20 pemain yang untuk skuad sementara Belanda di Piala Dunia 2014. Van Gaal tak ragu memanggil sejumlah pemain muda seperti bek Bruno Martins (22 tahun), penyerang Luc Castaignos (21 tahun), dan kioer Jasper Cillessen (25 tahun).  

"Saya pikir akan sulit. Sebelumnya, kami berhasil ke final. Pada Piala Dunia kali ini, kami akan melawan Spanyol pada pertandingan pertama. Akan menjadi tantangan berat buat mereka untuk mengulang hal yang sama seperti Piala Dunia sebelumnya," kata Van der Sar dalam acara jumpa pers yang digelar Adidas di Jakarta, Selasa (13/5/2014).  

"Namun, kami memiliki pelatih bagus yang pernah mempersembahkan banyak gelar bagi Ajax. Masih ada tiga pekan untuk mempersiapkan diri. Tentunya, kami akan berusaha meraih yang terbaik," sambungnya.

Saat ini, Van der Sar menjabat sebagai direktur pemasaran Ajax Amsterdam. Tim yang menjuarai Eredivise 2013-2014 tersebut sedang melakukan tur di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Van der Sar mengungkapkan alasannya memilih "pekerjaan barunya". Pilihan Van der Sar tergolong unik mengingat kebanyakan pemain yang telah pensiun lebih memilih melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

"Tidak ada pekerjaan untuk pelatih kiper. Ajax telah memiliki pelatih yang kapabilitas. Jadi saya memilih jalan berbeda. Mungkin jika di Manchester United, saya akan memikirkannya dengan cara berbeda," ujar Van der Sar.

"Di Ajax, ada Frank de Boer, Jaap Stam, dan Marc Overmars. Mereka kembali ke Ajax untuk membagi pengalamannya. Kami juga ingin membuat klub menjadi lebih besar lagi dan sekarang kami berhasil meraih empat gelar berturut-turut. Menurut saya, mimpi dari pelatih, direktur manajer, dan seluruh pemain adalah tampil lebih baik lagi di Liga Champions," sambungnya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X